Share

Jayanya Kerajaan Majapahit: Kekuasaannya Sampai Malaysia, Singapura dan Brunei

Tim Okezone, Okezone · Minggu 15 Agustus 2021 06:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 337 2455768 jayanya-kerajaan-majapahit-kekuasaannya-sampai-malaysia-singapura-dan-brunei-rJVpQUO5hs.jpg Ilustrasi . (Foto: UGM)

KEJAYAAN Kerajaan Majapahit tidak hanya dapat dibuktikan dari peninggalan arkeologis yang ada di kawasan Trowulan-Mojokerto dan sekitarnya.

Majapahit berbeda dengan kerajaan-kerajaan lain di Nusantara, karena dalam perkembangan dan kejayaannya Majapahit adalah representasi dari Kerajaan Nusantara yang mampu menjalin hubungan bilateral dengan kerajaan-kerajaan lain di kancah internasional.

Oleh karena itu apabila kita berbicara tentang Majapahit, konteks skalanya adalah Nusantara, Indonesia-Nasionalisme bangsa Indonesia, bukan lagi Situs Trowulan, ataupun kewilayahan Propinsi Jawa Timur.


Baca juga:  Update Gempa M7,2 Haiti: 304 Tewas dan Ribuan Orang Luka-Luka


Baca juga: Mayat Tanpa Identitas Ditemukan Terdampar di Mentawai

Hal ini akan terlihat apabila kita menyimak data susastra seperti Kitab Negarakrtagama, dari kitab tersebut dapat dipahami bahwa kekuasaan Majapahit pada suatu masa (abad XIV M) mencapai daerah-daerah yang sangat luas.

Bahkan beberapa wilayah bagian dari negara tetangga sebagian dapat dikuasai seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei. Demikian dikutip dari buku "Majapahit, Batas Kota dan Jejak Kejayaan di Luar Kota", editor Prof Dr Inajati Adrisijanti yang diterbitkan Kepel Press, 2014.

Demikian pula dalam hubungan bilateral dengan kerajaan lain, seperti misalnya dengan Campa dan Kamboja, Majapahit sangat menjunjung harkat dan martabat sebagai bangsa dan kerajaan yang besar.

Sebagai negara yang besar, Majapahit pasti didukung oleh berbagai potensi yang ada di wilayahnya. Oleh karena itu beberapa daerah potensial di Jawa Timur haruslah terlebih dahulu dikuasainya, sebelum mengembangkan kekuasaan ke luar Jawa bahkan ke luar dari wilayah Nusantara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini