Seberapa Bahaya Hoaks saat Pandemi? Selengkapnya di Special Dialogue Okezone

Agnes Teresia, Okezone · Jum'at 13 Agustus 2021 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 337 2455354 seberapa-bahaya-hoaks-saat-pandemi-selengkapnya-di-special-dialogue-okezone-XOgpOtaLrz.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Ketua Presidium Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Septiaji Eko Nugroho menjelaskan bahayanya infodemi atau info hoaks aat pandemi yang menyebar di masyarakat. Septiaji mengatakan bahwa hoaks atau berita bohong sudah ada sebelum adanya pandemi, namun memasuki masa pandemi Covid-19, jumlahnya kian menjamur.

“Tentu saja kalau kita bicara hoaks kesehatan itu dampaknya bisa sangat membahayakan baik itu misalnya terkait dengan pencegahan ataupun pengobatan,” ujarnya.

Menurut Septiaji, hal tersebut bisa menjadi sugesti yang bisa jadi berbahaya bagi sebagian orang bahkan dapat mencelakakan. Selain itu, Septiaji juga mengungkapkan infodemi cukup dominan di masyarakat adalah hoaks yang berbau dengan teori konspirasi.

“Ada yang benar-benar percaya nih kalau RS dan dokter itu mereka sengaja mengcovidkan pasien. Ada beberapa isu misalnya orang itu sebenarnya gak meninggal kena virus penyebab Covid-19, tetapi meninggal karena interaksi obat yang diresepkan oleh para dokter. Dampaknya ini sangat serius sekali” jelasnya.

Paparan Septiaji itu akan diulas lebih mendalam dalam Special Dialogue Okezone yang akan tayang Senin, 16 Agustus 2021.

Akan dibahas juga mengenai bagaimana cara meyakinkan keluarga yang sudah terpapar hoaks, jenis-jenis hoaks yang marak beredar saat Pandemi, hingga bagaimana kita bisa mengantisipasinya.

Saksikan semuanya di Special Dialogue Okezone!

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini