Share

Cerita Sejahteranya Kerajaan Majapahit, Beras Jadi Andalan Ekspor

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 14 Agustus 2021 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 337 2455302 cerita-sejahteranya-kerajaan-majapahit-beras-jadi-andalan-ekspor-DHyqvC1Yeh.jpg Ilustrasi. (Foto: Irandaily)

KERAJAAN Majapahit merupakan negara agraris komersial, dengan hasil bumi melimpah yang dari pedalaman diangkut ke pesisir untuk diperdagangkan. Hal ini tidak lepas dari faktor alam yang mendukung.

Hal ini menunjukan bahwa Trowulan sebagai pusat kerajaan Majapahit merupakan daerah yang sudah memiliki ketahanan pangan dengan surplus bahan makanan yang kemudian dijual sebagai komoditas ekspor.

BACA JUGA: Kesaksian Tukang Catat Laksamana Cheng Ho Terkait Bentuk Kerajaan Majapahit 

Beras yang sudah diangkut ke pesisir kemudian dibawa oleh armada kerajaan ke Maluku untuk diperdagangkan atau ditukar dengan rempah-rempah. Selanjutnya rempah#rempah yang diperoleh, ditukar atau diperdagangkan dengan para pedagang yang datang dari negara lain, terutama dari China dan India.

Dari perdagangan inilah keluarga kerajaan mendapatkan kain, sutra, keramik, dan benda-benda logam. Selain beras sebagai unggulan hasil pertanian. Demikian dikutip dari buku "Majapahit, Batas Kota dan Jejak Kejayaan di Luar Kota", editor Prof Dr Inajati Adrisijanti yang diterbitkan Kepel Press, 2014.

BACA JUGA: Kisah Majapahit Menjalin Persahabatan dengan Kerajaan China hingga India

Menurut catatan China Majapahit juga memiliki komoditas ekspor lainnya, seperti garam (yang berasal dari pantai utara Jawa), merica, cengkeh, kemukus, kayu adas, kayu cendana, damar, kayu gaharu, kapur barus, gula tebu, pisang, pinang, gading gajah, kulit penyu, tikar pandan, kain sutra, dan kain katun.

Selain itu juga ada beberapa binatang yang diekspor seperti burung nuri, merak, merpati, dan tekukur.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini