Kisah Balik Nama Untung Surapati: Raja Dewa, Pemberian Sultan Cirebon

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 13 Agustus 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 337 2454738 kisah-balik-nama-untung-surapati-raja-dewa-pemberian-sultan-cirebon-NsespDaI8w.jpg Untung Suropati. (Foto: Istimewa)

UNTUNG Surapati merupakan legenda. Kisah kepahlawanannya bergema tidak hanya di Pulau Jawa, hingga ke sentero nusantara.

Merujuk Maharsi, kata surapati baik dalam bahasa Jawa Kuno maupun Jawa Baru memiliki arti yang sama, yaitu ‘raja dewa’. Demikian dilansir dari Indonesia.go.id.

BACA JUGA: Kisah Untung Surapati yang "Menikahi" Anak Komandan Militer Pasukan VOC

Jika nama ‘untung’ adalah pemberian majikan Belanda-nya dan sekaligus orang tua kekasihnya, Susanna Moor. Maka nama ‘Surapati’ adalah nama pemberian Sultan Cirebon.

Masih merujuk Maharsi, nama sebelumnya ialah Joko Untung. Sumber lain dari Bali mengatakan nama sebelumnya ialah Surawira Aji.

Surapati, pada awalnya merupakan nama putra angkat Sultan Cirebon. Namun karena kasus berbohong kepada Sultan, kemudian ia dihukum mati.

Setelah Surapati dihukum mati, nama ini kemudian disematkan pada pemuda dari Bali itu. Pemberian nama Surapati ini menunjukkan, Joko Untung atau Surawira Aji, pantas menyandang nama Surapati yang berarti ‘raja dewa’.

BACA JUGA: Kisah Tewasnya Untung Surapati di Pangkuan Anaknya Sendiri yang Jadi Mata-Mata VOC

Bukan hanya soal kepantasan, penyematan nama Surapati juga disinyalir merupakan bentuk penghormatan baginya dari kalangan aristokrat.

Dari pelbagai naskah tradisional dari Jawa Timur, masih merujuk Maharsi, setidaknya hingga saat ini terdapat tujuh variasi naskah. Menarik digarisbawahi di sini, dalam naskah-naskah itu Surapati juga diceritakan diakui sebagai putra Sunan Amangkurat II.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini