Mahfud MD Pastikan Pemerintah Tak Akan Pernah Intervensi Komnas HAM

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 12 Agustus 2021 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 337 2454658 mahfud-md-pastikan-pemerintah-tak-akan-pernah-intervensi-komnas-ham-OBtFFbog8z.jpg Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto : Okezone.com/Dede Kurniawan)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan, pemerintah tidak akan pernah mengintervensi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Kendati Komnas HAM masuk dalam rumpun eksekutif, dalam pelaksanaan tugasnya lembaga tersebut berjalan secara independen dan tidak terikat dengan kekuasaan eksekutif yang dipimpin Presiden.

"Sebab itu, pemerintah tidak pernah dan tidak akan pernah mengintervensi Komnas HAM. Kalau ada, apa? Pemerintah punya proyek atau program untuk melakukan penegakan dan penguatan HAM tidak ke Komnas HAM, kita punya Dirjen HAM sendiri," ujar Mahfud saat menjadi narasumber dalam acara virtual 'Peluncuran Laporan Tahunan Komnas HAM 2020', Kamis (12/8/2021).

Semisal Komnas HAM ingin membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) suatu perkara, lembaga tersebut dapat membentuknya. "Karena Komnas HAM independen dan bisa dianggap lebih objektif oleh masyarakat, silakan," ujarnya.

Pemerintah, lanjut Mahfud, juga mempersilakan Komnas HAM bekerja dengan sebaik-baiknya khususnya dalam menegakkan hak asasi manusia sebagaimana amanat undang-undang.

Baca Juga : Mahfud MD Sangat Terkejut Dengar Kabar Ketum MUI Kecelakaan di Salatiga

"Bersamaan dengan pernyataan ini, pemerintah ingin menegaskan bahwa silakan Komnas HAM bekerja dengan sebaik-baiknya sebagai lembaga yang independen sesuai dengan amanat UU, rekomendasi Komnas HAM atau temuan Komnas HAM tentang hasil kerjanya itu ditindaklanjuti oleh pemerintah sesuai prosesdur yang tersedia," tutur Mahfud.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini