Share

Deretan Pejabat yang Pernah Langgar Prokes Covid-19

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 12 Agustus 2021 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 11 337 2454272 deretan-pejabat-yang-pernah-langgar-prokes-covid-19-6xlXuA8So8.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Protokol kesehatan atau prokes memang hal yang wajib dipatuhi seluruh pihak selama masa pandemi Covid-19 untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sayangnya, terdapat beberapa pejabat yang justru melanggar prokes dan tidak memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Berikut daftarnya:

1. Malang, Jawa Timur

Sebuah perayaan yang cukup meriah dilakukan menyambut pembukaan kafe baru di wilayah Malang, Jawa Timur pada 4 Agustus 2021. Ironisnya, acara tersebut mengabaikan protokol kesehatan, seperti banyak pengunjung yang tidak menggunakan masker.

Rupanya, kafe tersebut adalah milik seorang anak Kepala Desa (Kades). Sang Kades juga terlihat hadir dalam acara tersebut. Dilansir dari Okezone.com, total pengunjung yang datang mencapai 70 orang. Kasus dugaan pelanggaran prokes, apalagi di masa PPKM itu masih didalami oleh Polres Malang.

Baca juga: Satgas Covid-19: 60% Orang Indonesia Sadar Protokol Kesehatan

2. Rejang Lebong, Bengkulu

Pembubaran sebuah hajatan di Rejang Lebong, Bengkulu pada Juli 2021 oleh tim Satgas Covid-19, karena dinilai melanggar prokes menyeret seorang pejabat Satpol PP di daerah tersebut.

Ia terlihat menghadiri acara dan tidak menghiraukan aturan PPKM yang ada. Apalagi, oknum itu menentang petugas saat ingin melakukan pembubaran. Akibatnya, pelaku dicopot sementara dari jabatannya, sesuai instruksi Bupati Rejang Lebong.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Pilot Project Prokes Hadapi Pandemi Covid-19

3. Mojokerto, Jawa Timur

Masih di bulan Juli 2021, acara pernikahaan seorang pejabat desa di Mojokerto, Jawa Timur juga harus dibubarkan Satgas Covid-19 lantaran menimbulkan kerumunan dan dinilai melanggar prokes yang berlaku. Banyak pihak yang menyayangkan kejadian tersebut.

Seharusnya, seorang pejabat desa memberikan contoh yang positif kepada warganya. Terlebih, di tengah pandemi Covid-19 ini.

4. Lampung Utara

Pelantikan 158 pejabat yang dipimpin Bupati Lampung Utara pada Desember 2020 terbukti melanggar prokes yang ada. Padahal, pemerintah setempat selalu mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sayangnya, hal tersebut tidak mampu diimplementasikan dengan baik. Pengecekan suhu tubuh memang diterapkan saat peserta pelantikan akan masuk ke dalam ruangan. Namun ketika acara berlangsung, para peserta terlihat tidak menggunakan masker dan berdiri cukup berdesakan.

Baca juga: Angka Kematian Covid-19 Tak Digunakan untuk Sementara Hindari Distorsi Penilaian

5. Jambi

Video yang memperlihatkan sebuah pesta di kafe wilayah Jambi viral di sosial media. Kejadian tersebut diketahui terjadi pada Juli 2020 dan dihadiri seorang pejabat kepolisian di Jambi. Bahkan, beberapa anggota polisi lain juga dikabarkan hadir dalam acara tersebut.

Dilansir dari iNews.id, dalam rekaman itu terlihat pejabat yang berpangkat Kombes berjoget tanpa memperhatikan prokes, seperti menjaga jarak dan menggunakan masker. Oknum pejabat dan anggota polisi yang terlibat langsung diperiksa oleh pihak Polda Jambi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini