Share

Air Jamasan Kereta Kanjeng Nyai Jimat Diperebutkan, Konon Bisa Sembuhkan Penyakit

Tim Okezone, Okezone · Rabu 11 Agustus 2021 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 337 2453881 air-jamasan-kereta-kanjeng-nyai-jimat-diperebutkan-konon-bisa-sembuhkan-penyakit-kCAUYn6HK0.jpg Jasaman Kereta kencana Kanjeng Nyai Jimat (foto: Kratonjogja.id/Tepas Thanda Yekti)

SEBAGAI kereta pusaka Keraton Jogyakarta, setiap tahun pada hari Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon pada bulan Sura, Kereta Kanjeng Nyai Jimat dikeluarkan dari Museum Keraton untuk dibersihkan.

Ritual ini yang disebut dengan Jamasan. Jamasan pusaka biasanya selalu rutin dilaksanakan Keraton Yogyakarta pada setiap Bulan Sura. Tradisi ini merupakan prosesi pembersihan benda-benda pusaka milik Keraton Yogyakarta dengan air bunga dan jeruk nipis, agar senantiasa terawat dan bersih. Demikian dikutip dari jogjaprov.go.id.

Baca juga:  Kuatnya Komitmen Keraton Yogyakarta Saat Penyebaran Islam di Tanah Air

Jamasan pusaka biasanya digelar di dalam dan di luar keraton. Jamasan di dalam keraton bersifat tertutup. Sedangkan jamasan di luar keraton, pusaka yang dibersihkan adalah rata (kereta) dan bersifat terbuka.

Baca juga: Kisah Rampogan Macan, Harimau Jawa Diadu dengan Banteng dan Prajurit Keraton

Kereta utama yang selalu dijamas setiap tahunnya adalah Kanjeng Nyai Jimat, kereta tertua milik Keraton Yogyakarta yang pernah digunakan saat penobatan Sri Sultan Hamengku Buwono I hingga Sri Sultan Hamengku Buwono III.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dalam setiap jamasan yang terbuka, masyarakat umum yang menghadiri upacara tersebut akan berupaya untuk mendapatkan air yang digunakan untuk membersihkan Kereta Kanjeng Nyai Jimat. Demkian terungkap dari kratonjogja.id.

Masyarakat umum percaya bahwa air perasan jeruk nipis dan air kembang setaman yang telah digunakan dalam Jamasan Kereta Kanjeng Nyai Jimat membawa berkah serta dapat menyembuhkan penyakit. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini