Singgung Kisah Nabi Muhammad, Mahfud MD Serukan Kesabaran di Tahun Baru Islam

Riezky Maulana, iNews · Senin 09 Agustus 2021 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 337 2453316 singgung-kisah-nabi-muhammad-mahfud-md-serukan-kesabaran-di-tahun-baru-islam-fB0i1UTB0a.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (tangkapan layar Youtube)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyerukan agar Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1443 H dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kesabaran. Mahfud pun mencontohkan kisah Nabi Muhammad ketika berhijrah dan mendapatkan beragam cobaan.

"Bisa kita ambil dari peristiwa hijrah nabi, pertama perjuangan itu memerlukan kesabaran. Nabi mau dibunuh, dikejar ke mana-mana, akses ekonominya diputus, perdagangannya diputus, tapi Nabi Muhammad tetap bersabar. Oleh sebab itu, jika saudara mau mengambil hikmah dari 1 Muharram ini mari kita pupuk kesabaran," ujar Mahfud dalam keterangan tertulis, Senin (9/8/2021).

Menurut dia, sabar sekurang-kurangnya ada tiga; pertama sabar terhadap musibah, kedua sabar di dalam ketaatan, termasuk disiplin. Kemudian, yang ketiga sabar di dalam berjuang, bersungguh-sungguh, optimis dan tangguh.

"Sabar itu bukan hanya berarti pasrah, tapi sikap pantang menyerah, tangguh dan bersungguh-sungguh itu juga sabar," imbuhnya.

Mahfud juga mengutip ayat 249 dari surat Al-Baqarah Ayat yang mana membahas terkait sabar. "Sekolompok kecil orang bisa mengalahkan orang yang banyak, asal kamu bersabar," jelas Mahfud sembari menjabarkan latar belakang turunnya ayat tersebut.

Baca Juga : Mahfud Sebut Parpol Diperlukan untuk Kontrol Kekuasaan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini