Ini Langkah Mudah Membuat Kartu Keluarga di Masa Pandemi Covid-19

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 09 Agustus 2021 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 337 2453228 ini-langkah-mudah-membuat-kartu-keluarga-di-masa-pandemi-covid-19-etEMbIA0PR.jpg Foto: Ilustrasi.

JAKARTA - Di masa pandemi Covid-19 ini, masyarakat diimbau untuk menghindari kerumunan, menggunakan masker dan senantiasa menjaga jarak jika sedang beraktivitas di luar rumah. Praktis, hampir seluruh kegiatan, termasuk kepengurusan dokumen dilakukan secara daring.

Salah satu dokumen yang bisa dibuat secara daring adalah KK (Kartu Keluarga). Dokumen ini menjadi sangat vital karena berisi susunan anggota keluarga dan wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Masa pandemi bukanlah halangan untuk membuat KK. Masyarakat bisa membuatnya melalui daring ke situs resmi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang ada di kabupaten atau kota masing-masing.

BACA JUGA: KK, Akta Kelahiran dan Nikah Bisa Dicetak Sendiri di Rumah, Begini Caranya 

Langkah yang dilakukan setelah masuk ke situs Disdukcapil setempat adalah dengan mengisi formulir permohonan pembuatan KK. Lanjutnya, pemohon harus mengunggah dokumen yang diminta. Proses pembuatan akan segera dilakukan. Pemohon akan mendapat notifikasi melalui pesan singkat atau surel yang menyatakan bahwa KK telah selesai diproses. Untuk pencetakan, pemohon bisa melakukannya secara mandiri.

BACA JUGA: Ini Cara Urus Dokumen Kependudukan di Ibukota saat PSBB 

Proses Pencetakan Mandiri

Bagi warga DKI Jakarta, pencetakan KK bisa langsung dilakukan di situs atau aplikasi milik Pemprov DKI Jakarta bernama Alpukat Betawi atau akses langsung pelayanan dokumen kependudukan cepat dan akurat. Dilansir dari laman resminya, program ini memberikan akses langsung kepada warga Jakarta untuk mengajukan pelayanan administrasinya. Adapun jenis pelayanan yang ada adalah pencetakan e-KTP, pencetakan KK, akta kematian, akta kelahiran, permohonan pindah dan masih banyak lagi.

Untuk pencetakan KK, langkah yang harus dilakukan adalah memiliki akun terlebih dahulu di Alpukat Betawi. Pemohon yang ingin melakukan pencetakan wajib berstatus sebagai kepala keluarga. Kemudian, beberapa hal yang harus diisi adalah nomor KTP, nomor KK, nama lengkap, alamat surel, nomor telepon, jenis kelamin, tempat tanggal lahir dan password. Setelah akun berhasil dibuat, maka bisa langsung digunakan. Adapun langkah untuk mencetak KK adalah sebagai berikut:

1. Pilih menu ‘Pencetakan KK’ lalu pilih ‘Tambah Permohonan’ pada kotak hijau di kanan atas.

2. Pemohon wajib melakukan cek ulang, apakah data anggota keluarga yang telah terdaftar sudah tepat. Lalu, pilih menu ‘Selanjutnya’

3. Centang ‘Dokumen Persyaratan’ yang dibutuhkan, lalu masukkan nomor telepon

4. Klik ‘Browse’ untuk mengunggah dokumen lain sebagai syarat, lalu pilih menu ‘Upload’

5. Selanjutnya, pemohon bisa memilih ‘Service Point’ dan ‘Tanggal’ pengambilan dokumen. Lalu, klik ‘Kirim Permohonan Jadwal’

6. Klik ‘Ya’ jika pemohon sudah yakin tidak ada data yang salah dan tertinggal.

Setelah pengajuan permohonan pencetakan KK sudah selesai, maka permohonan tersebut akan langsung diproses oleh Disdukcapil DKI Jakarta. Bagi dokumen yang sudah selesai diproses, maka akan mendapat pengesahan melalui QR yang berisi tanda tangan elektronik. Aplikasi SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) akan mengirimkan notifikasi resmi berupa tautan ke laman Disukcapil dan nomor pin yang bisa diakses untuk membuka layanan. Dokumen berupa KK sudah bisa diakses dan disimpan di perangkat pribadi. Atau, bisa dicetak menggunakan kertas putih polos atau HVS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini