Share

Polri : Peretas Defacing Situs Setkab

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 09 Agustus 2021 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 337 2453222 polri-peretas-defacing-situs-setkab-8zxVfQKQPx.jpg Polri konferensi pers soal peretasan situs Setkab. (Foto : Puteranegara Batubara)

JAKARTA - Polri menyatakan dua pelaku peretasan situs Sekretariat Kabinet (Setkab), yaitu BS (18) dan ML (17), melakukan defacing atau mengubah tampilan situs.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengungkapkan, defacing tersebut diminta tersangka BS kepada ML.

"Dapat diketahui sebelummya bahwa pada 30 Juli 2021, ML melakukan peratasan laman Setkab RI, kemudian meminta BS untuk melakukan defacing terhadap website setkbab.go.id," kata Ramadhan dalam jumpa pers di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Senin (9/8/2021).

Deface website adalah ulah peretas yang masuk ke sebuah website dan mengubah tampilannya. Perubahan tersebut bisa meliputi semua halaman atau di bagian tertentu saja.

Menurut Ramadhan, ketika diretas tampilan situs Setkab dituliskan sebuah kalimat oleh para pelaku. Serta, Website tersebut juga tidak bisa diakses.

"Dengan cara merubah tampilan website dengan tidak semestinya, sehingga website tidak dapat digunakan dan bertuliskan pwned by zyy feet Lutfifake," ujar Ramadhan.

Baca Juga : Motif 2 Peretas Situs Setkab untuk Cari Keuntungan

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap dua orang BS (18) dan ML (17), yang diduga meretas situs milik Setkab RI.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Karena masih di bawah umur, ML saat ini dititipkan ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Anak di Cipayung, Jakarta Timur. Sedangkan, BS, untuk sementara di tahan di Rutan Bareskrim Polri.

Sekadar diketahui, Website Setkab diduga diretas pada 30 Juli. Pelaku menampilkan foto seorang demonstran membawa bendera merah putih.

Atas perbuatannya pelaku disangka melanggar Pasal 46 ayat (1) ayat (2) dan ayat (3) Jo Pasal 30 ayat (1) ayat (2) ayat (3), Pasal 48 ayat (1) Jo Pasal 32 ayat (1), Pasal 49 Jo Pasal 33 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini