Share

Peretas Ditangkap, Setkab Target Situs Pulih 2 Hari Lagi

Dita Angga R, Sindonews · Senin 09 Agustus 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 337 2453149 peretas-ditangkap-setkab-target-situs-pulih-2-hari-lagi-iBEUMG9tqG.jpg Ilustrasi (The Guardian)

JAKARTA - Sekretariat Kabinet (Setkab) menargetkan dalam waktu dua hari mendatang, situsnya akan kembali seperti sedia kala. Hal ini disampaikan Deputi Dukungan Kerja Kabinet Setkab Thanon Aria Dewangga setelah situs Setkab diserang peretas pada Sabtu pekan lalu.

“Semoga dalam waktu dekat, satu atau dua hari website setkab dapat tampil seperti sedia kala,” katanya, Senin (9/8/2021).

Dia mengatakan, setelah terjadi peretasan, pihaknya melakukan upaya pemulihan secepat mungkin. Sehingga pada hari Rabu lalu sudah mulai tayang kembali situs Setkab. Namun ternyata masih ada upaya peretasan kembali.

“Sehingga kami ambil keputusan daripada terjadi lagi peristiwa seperti hari Sabtu, kami memutuskan melakukan kebijakan men-take down website situs setkab terlebih dulu, melakukan upaya-upaya pemulihan. Terutama pemulihan-pemulihan untuk di bidang security. Pada saat nanti website kita sudah sangat kuat security-nya, baru lah nanti itu akan tayang lagi dan bisa memberikan layanan-layanan informasi bagi media dan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Thanon mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Pelaku peretasan sudah ditangkap. Namun begitu dia belum dapat memastikan modus apa dibalik peretasan tersebut.

Baca Juga : Peretas Situs Setkab yang Ditangkap Ternyata Masih Remaja

“Kalau modus memang harus ditanyakan ke pihak mabes. Karena sejauh ini yang kami dapat ketahui, pelakunya baru ditangkap dan belum dilakukan upaya-upaya untuk interogasi dan lain-lain itu belum ada,” tuturnya.

Dia juga memastikan bahwa tidak ada informasi yang bersifat rahasia yang dicuri. Dia mengatakan bahwa situs Setkab memang berisi informasi terkait acara presiden dan kegiatan pemerintahan.

Thanon pun menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian terkait upaya hukum bagi pelaku peretasan.

“Kalau dari kami sepenuhnya menyerahkan kepada pihak kepolisian bagaimana tindakan yang diambil. Yang jelas buat kami, upaya peretasan website setkab itu sangat merugikan. Merugikan setkab maupun teman-teman media dan masyarakat,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini