Share

Presiden Jokowi Resmikan Peluncuran OSS Berbasis Risiko

Dita Angga R, Sindonews · Senin 09 Agustus 2021 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 337 2452895 presiden-jokowi-resmikan-peluncuran-oss-berbasis-risiko-az4UveqQyb.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini meresmikan peluncuran sistem online single submission (OSS) berbasis risiko. OSS merupakan sistem pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

“Dan dengan mengucap bismillahirohmanirohim pagi hari ini ini saya resmikan peluncuran sistem online single submission (OSS) berbasis risiko,” katanya, Senin (9/8/2021).

Baca Juga:  Presiden Jokowi Instruksikan Kepala Daerah : Dapat Vaksin Langsung Suntikkan ke Masyarakat

Dia mengatakan, OSS berbasis risiko merupakan reformasi yang sangat signifikan dalam perizinan. Di mana, layanan perizinan dilakukan secara online dan terintegrasi dengan paradigma berbasis risiko.

“Jenis perizinan akan disesuaikan dengan tingkat risikonya. Perizinan antara UMKM dengan usaha besar tidak sama. Risiko tinggi perizinan berusaha berupa izin. Risiko menengah perizinan berusaha berupa sertifikat standar. Dan risiko rendah perizinan berusaha cukup berupa pendaftaran atau nomor induk berusaha dari OSS,” ungkapnya.

Jokowi pun mengimbau agar para pengusaha, para investor dan pelaku UMKM memanfaatkan OSS ini. Dia mengatakan bahwa OSS merupakan layanan super mudah

“Agar meningkatkan volume investasi dan membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya,” pungkasnya.

Dia yakin bahwa hal ini akan membuat iklim kemudahan berusaha di Indonesia semakin baik. Baca Juga: Presiden Jokowi Ungkap 5 Provinsi di Luar Jawa Alami Kenaikan Kasus Covid-19

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini