KJRI: Aplikasi Visa Umrah untuk Indonesia Masih Diblok

Dimas Choirul, MNC Media · Senin 09 Agustus 2021 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 337 2452834 kjri-aplikasi-visa-umrah-untuk-indonesia-masih-diblok-FsCWCyTqKd.jpg Kakbah (Foto: Reuters)

JAKARTA - Saudi Arabia mulai membuka dan menerima jamaah umrah dari luar negeri mulai Senin (9/8/2021). Namun, sangat disayangkan untuk jamaah asal Indonesia belum diperkenankan melakukan ibadah umrah.

Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Eko Hartono membenarkan hal tersebut. Eko tidak menampik bahwa pelarangan untuk jamaah Indonesia terkait situasi Covid-19. Sebab, cukup mengkhawatirkan bagi Saudi Arabia.

"Terus terang karena perkembangan Covid di Indonesia yang cukup mengkhawatirkan termasuk bagi Saudi. Sehingga info dari Amphuri, aplikasi visa umrah untuk Indonesia masih diblok," tuturnya saat dikonfirmasi MNC Portal, Minggu 8 Agustus 2021.

Baca Juga:  Saudi Masih Larang Jamaah Umrah Indonesia, Ini Alasannya

Eko menyebut, salah satu persoalannya yakni terkait vaksin. Di mana, hingga saat ini hanya empat vaksin yang diakui oleh pemerintah Saudi Arabia.

"Vaksin juga salah 1 tantangan karena sampai sekarang hanya 4 vaksin yang diakui Saudi: Pfizer, Moderna, Johnsons, dan Astra. Sementara kebanyakan di kita pakai Sinovac dan Sinopharm," tuturnya.

Eko menambahkan, bahwa pihak KJRI Jeddah berupaya supaya vaksin Sinovac dan Sinopharm disetujui oleh Saudi Arabia.

"Emang barusan saya diinfo bahwa Saudi sudah setujui Sinovac dan Sinopharm, tapi kami masih akan cek lagi," ujarnya.

Baca Juga:  Saudi Mulai Terima Jamaah Umrah dari Luar Negeri, KJRI: Indonesia Belum Bisa Mohon Bersabar

Lantas ia mengimbau kepada jamaah Indonesia untuk bersabar serta mengajak untuk fokus menangani Covid-19 sehingga Saudi dapat membuka kembali. "Sekali lagi, kuncinya adalah keberhasilan penanganan Covid kita," tegasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini