Share

Pemerintah Tak Pernah Asal-asalan dalam Penanganan Covid-19

Arie Dwi Satrio, Okezone · Minggu 08 Agustus 2021 22:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 08 337 2452764 pemerintah-tak-pernah-asal-asalan-dalam-penanganan-covid-19-06HWT60NCQ.jpg Menkominfo Johnny G Plate (Foto: BNPB)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menekankan bahwa pemerintah tidak pernah asal dalam mengambil keputusan terkait penanganan Covid-19. Dipastikan Johnny, setiap kebijakan pemerintah terkait penanganan Covid-19 diambil dengan perencanaan yang matang dan komprehensif.

"Masyarakat perlu tahu, pemerintah tidak pernah asal-asalan dalam mengambil keputusan. Kita melibatkan ahli-ahli dari UGM, Airlangga (universitas), dan tentu juga dari Lembaga kesehatan dunia WHO yang menjadi benchmark kita," ungkap Johnny melalui keterangan resminya, Minggu (8/8/2021).

Baca Juga:  Jika PPKM Diperpanjang, Pemprov DKI Siap Patuhi Keputusan Pemerintah Pusat

Menurut Johnny, pemerintah selalu menghitung dan mempertimbangkan segala aspek dalam mengambil kebijakan penanganan Covid-19. Ia membeberkan bahwa selama ini pemerintah menerima masukan dari berbagai pihak dan melibatkan para ahli-ahli dari universitas dalam negeri dan juga ahli dari organisasi dunia WHO.

Dalam menangani Covid-19, lanjut Johnny, pemerintah tidak menggunakan narasi tunggal. Dengan kata lain, kata Johnny, pemerintah selalu mendengar segala pendapat, masukan, dan saran yang disampaikan oleh berbagai pihak dalam memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

"Meskipun kemudian tidak semua pendapat bisa diimplementasikan, karena konteks keputusan (terkait Covid-19) sangat luas (cakupannya). Oleh karenanya pemerintah butuh kerja sama yang bahu membahu dari semua elemen strategis," bebernya.

Baca Juga:  Kepala BNPB Terkesan Dapur Umum di Riau Bantu Warga Terdampak Covid-19

Terdapat lima elemen strategis yang disebut Johnny menjadi aktor penting dalam menangani persoalan pandemi. Lima elemen strategis tersebut yaitu, pemerintah; masyarakat umum; organisasi kemasyarakatan; perguruan tinggi; media massa; dan para pelaku usaha. Ia berharap lima elemen tersebut menyatu demi kepentingan penanganan Covid-19.

"Dibutuhkan kerja sama, bahu membahu antar 5 elemen strategis ini agar terjalin soliditas nasional. Semua masalah di lapangan dapat kita atasi bersama kalau kita semua kompak," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini