Share

Deretan Jenazah Terpaksa Dibawa Menggunakan Sepeda Motor

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 07 Agustus 2021 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 07 337 2452217 deretan-jenazah-terpaksa-dibawa-menggunakan-sepeda-motor-l3YLvJ0iPz.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

PROSES pemulangan atau pengangkutan jenazah umumnya menggunakan ambulans. Namun, ada beberapa kejadian miris yang memperlihatkan jenazah dibawa menggunakan motor. Berikut sejumlah kejadian jenazah yang dibawa menggunakan motor, seperti dirangkum pada Sabtu (7/8/2021):

1. Mukomuko, Bengkulu

Karena tidak mendapat layanan ambulans, seorang pria di Bengkulu nekat membawa jenazah sang istri yang positif Covid-19 menggunakan sepeda motor. Pria berinisial SE itu diketahui mengangkut jasad istrinya pada Selasa, 3 Juli 2021 lalu.

Sementara itu, petugas dari Satgas Covid-19 setempat langsung melakukan tes usap antigen kepada SE karena khawatir ikut terpapar virus, lantaran mengalami kontak erat dengan pasien.

2. Probolinggo, Jawa Timur

Jenazah seorang pria 60 tahun yang berinisal SP harus terpaksa dibawa pulang menggunakan sepeda motor roda tiga pada Juni 2021. Hal itu dilakukan karena keluarga pria asal Probolinggo ini tidak mampu membayar ambulans untuk membawa jenazah pulang. Video pemulangan jenazah itu rupanya viral di sosial media.

Dikutip dari iNews.id, keluarga sangat menyayangkan tindakan rumah sakit yang membebani biaya sewa ambulans, karena BPJS tidak menanggung biaya tersebut. Namun, pihak keluarga tidak menyalahkan pihak manapun atas peristiwa ini dan tetap membawa jenazah RS untuk disemayamkan di kediamannya.

Baca Juga : Jasad Wanita Hamil Ditemukan di Kolong Jalan Tol Gegerkan Warga Bekasi

3. Bogor, Jawa Barat

Pada November 2020, sebuah video yang memperlihatkan jenazah dengan dibungkus kain jarik dibawa menggunakan sepeda motor di Citereup, kabupaten Bogor. Jenazah itu diketahui adalah seorang anak yang meninggal karena mengalami panas. Ketika baru sampai rumah sakit, ia dinyatakan telah meninggal.

Orangtua dari anak tersebut tidak percaya jika anaknya telah meninggal dunia. Kemudian, membawanya ke klinik kesehatan lain. Hal yang sama juga diutarakan pihak klinik. Akhirnya, orangtua si anak memutuskan untuk membawa jenazah anaknya menggunakan sepeda motor, karena klinik tidak memiliki mobil atau ambulans untuk membawa jenazah. Saat di perjalanan itulah, pengendara sepeda motor lain mengabadikannya dalam sebuah video dan diunggah ke media sosial.

4. Boyolali, Jawa Tengah

Kejadian selanjutnya datang dari Boyolali, Jawa Tengah pada 29 Oktober 2020. Seorang pengendara sepeda motor terlihat membawa jenazah yang ditaruh di bagian belakang motorya menggunakan anyaman kawat atau beronjong. Hal itu direkam oleh seseorang dan viral di media sosial Facebook.

Sebenarnya, si perekam video terdengar mempertanyakan apa yang dibawa oleh pria tersebut. Namun, dugaannya mengarah pada jenazah seseorang. Dikutip dari Okezone.com, Kapolsek Simo, AKP Sunoto membenarkan adanya kejadian itu. (Diolah dari berbagai sumber/Ajeng Wirachmi/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini