Tinjau RS Modular Pertamina Tanjung Duren, Jokowi: Fasilitasnya Komplet

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 06 Agustus 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 337 2451745 tinjau-rs-modular-pertamina-tanjung-duren-jokowi-fasilitasnya-komplet-MxI6IcdIHs.jpg Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dan meninjau kesiapan Rumah Sakit Modular Covid-19 Pertamina di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Jumat (6/8/2021). 

Dalam kegiatan ini, Kepala Negara ditemani Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

"Saya berterima kasih pada Menteri BUMN dan Pertamina yang telah siapkan RS Modular Pertamina ini dengan kapasitas 305 tempat tidur komplit dengan ICU dan lebih bagus lagi ada juga ICU khusus anak-anak dan bayi dan ibu-ibu," ujar Jokowi dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi berharap RS Modular Pertamina Tanjung Duren bisa memberikan pelayanan kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi fasilitas yang disediakan sangat lengkap.

Dikutip dari laman pertamina.com, perusahaan pelat merah itu telah memulai pembangunan RS Modular Tanjung Duren sejak 9 Juli 2021. Total kapasitas tempat tidurnya sekitar 300 bed. RS ini berdiri di lahan seluas 4,2 hektare. 

Baca juga: Kurangi Dampak PPKM, Presiden Jokowi Pastikan Penyaluran Bansos Dipercepat

RS Modular Tanjung Duren ini mengalokasikan 128 bed untuk ruang perawatan, 70 bed di ruang IGD dan IGD ICU serta 104 bed khusus untuk di Gedung ICU. 

Pembangunan RS Modular ini dilakukan oleh salah satu anak usaha Pertamina yaitu PT Patra Jasa dan akan menjadi ekstensi dari RS Pelni, yang juga merupakan anak usaha Pertamedika-IHC.

RS Modular Tanjung Duren dilengkapi negative pressure dan filter HEPA sehingga udara yang dilepaskan keluar rumah sakit tetap aman untuk lingkungan. 

RS ini juga dilengkapi ruang operasi, ruang laboratorium, radiologi (CT Scan dan X-Ray), instalasi farmasi, instalasi gizi, ruang sentral sterilisasi, ruang laundry, dan ruang pemulasaraan jenazah.

Sebagaimana RS modular Simprug, RS Modular Tanjung Duren juga akan dilengkapi instalasi hemodialisis (terapi cuci darah) untuk pasien Covid-19 yang membutuhkan cuci darah dan ruang bersalin bagi ibu hamil positif Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini