Belajar dari Covid-19 Jawa-Bali, Satgas Minta Pasien Gejala Menengah Rujuk ke RS

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 06 Agustus 2021 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 337 2451701 belajar-dari-covid-19-jawa-bali-satgas-minta-pasien-gejala-menengah-rujuk-ke-rs-DWyIordE53.jpg Ganip Warsito. (Foto: Avirista M)

JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito mengingatkan seluruh provinsi yang saat ini mengalami kenaikan Covid-19 agar belajar dari penanganan di Jawa-Bali.

Terutama dengan menekan angka kematian akibat pasien terlambat dirujuk ke rumah sakit. “Karena dari pengalaman penanganan di Jawa dan Bali, fatality kerap terjadi karena pemburukan. Pasien dibawa ke rumah sakit ketika sudah kritis. Kenapa, mungkin saat isoman tidak ada monitoring,” kata Ganip dalam keterangannya, dikutip Jumat (6/8/2021).

Ganip menegaskan bahwa letak pembenahan penanganan Covid-19 harus dimulai dari hulu hingga hilir. Hulu yang dimaksud yakni penanganan terhadap pasien yang terkonfirmasi positif.

“Berdasarkan hasil positif tersebut, maka dapat digolongkan bagi pasien yang termasuk OTG, bergejala ringan, sedang hingga berat. Dari penggolongan tersebut, maka dapat diambil tindakan sesuai dengan treatment masing-masing,” jelasnya. 

Baca juga: Kisah Haru Anak-anak Makamkan Orangtuanya yang Meninggal Karena Covid-19

Sementara itu, peruntukan isolasi mandiri ditujukan bagi para pasien yang termasuk dalam golongan OTG dan bergejala ringan, usia kurang dari 45 tahun dan kondisi rumah dan lingkungan mendukung untuk isolasi mandiri dengan mendapat pengawasan dari puskesmas. 

Sedangkan bagi pasien dengan gejala ringan, usia lebih dari 45 dan memiliki komorbid dapat melakukan isolasi secara terpusat dengan mendapatkan monitoring dari para tenaga kesehatan.

Terakhir, bagi pasien dengan gejala menengah dan berat dapat dirujuk ke rumah sakit untuk menunjang penanganan lebih lanjut. Menurutnya, ini yang harus dibenahi dan disepakati oleh semua pihak. 

“Ini yang harus kita sepakati, mana yang boleh isoman, mana yang boleh isolasi terpusat, dan mana yang dirujuk kerumah sakit, inilah pembenahan itu,” tambah Ganip.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini