Beras Bansos Berkutu dan Kuning, Ketua DPD: Segera Kembalikan ke Aparat Panitia

Carlos Roy Fajarta, · Jum'at 06 Agustus 2021 06:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 337 2451664 beras-bansos-berkutu-dan-kuning-ketua-dpd-segera-kembalikan-ke-aparat-panitia-tllmolMgWl.jpg Ilustrasi.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta masyarakat yang menerima bantuan sosial sembako dalam kondisi tidak layak seperti beras berkutu dan berwarna kuning untuk mengembalikan ke aparat pemerintah setempat.

“Kembalikan saja kalau beras bansos yang diterima tidak layak konsumsi. Segera minta ganti dengan yang kualitasnya lebih bagus. Saya kira Kemensos dan Bulog akan meresponnya dengan baik,” ujar LaNyalla Mattalitti, Kamis (5/8/2021)

Beras yang dipenuhi kutu ini, dijumpai Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, di Kabupaten Bangkalan, Madura. Beras-beras tersebut adalah bansos dari Kementerian Sosial dalam paket lima kilogram.

Baca Juga: Luhut: Saya Ulangi, Tidak Boleh Ada Rakyat Kelaparan

Hal yang sama juga ditemukan di Kabupaten Jembrana, Bali. Puluhan kilogram beras bansos di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Kemensos RI berwarna kekuningan.

“Pembagian beras bansos berkutu ini sudah berkali-kali terjadi. Saya anggap aneh, mengapa masih saja berulang dan tidak belajar pada kejadian yang sebelum-sebelumnya. Artinya pemeriksaan produk dan quality controlnya tidak berjalan,” tambah LaNyalla Mattalitti.

Sejak awal ketika bansos beras akan diberikan, sebenarnya LaNyalla Mattalitti sudah mengingatkan Kemensos dan Badan Urusan Logistik (Bulog) terkait kualitas beras. Dia meminta pemeriksaan terhadap beras bansos yang akan didistribusikan harus lebih teliti.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini