KRI Pollux-935, Kekuatan Alutsista TNI Angkatan Laut Terbaru

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 06 Agustus 2021 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 337 2451627 kri-pollux-935-kekuatan-alutsista-tni-angkatan-laut-terbaru-8VD0kh3CFX.jpg Alutsista baru TNI AL, yakni KRI Pollux-395.(Foto:TNI AL)

JAKARTA - TNI Angkatan Laut (AL) memiliki kapal perang baru yang diberinama KRI Pollux-935. KRI tersebut merupakan buatan anak bangsa, PT Karimun Anugerah Sejati yang akan segera memperkuat jajaran Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal).

KRI tersebut telah melalui tahapan Shipnaming dan Delivery yang dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bertempat di Galangan PT. KAS, Batam, Kamis (5/8/2021).

Di kesempatan itu, Yudo turut mengukuhkan Mayor Laut (P) Tomy Ronaldy sebagai komandan KRI Pollux-935. Diketahui Mayor Tomy adalah perwira alumni Dikmapa PK TNI angkatan X Tahun 2003.

Baca Juga: TNI AL Ajak Nakes Tunggangi Ranpur Usai Bertugas di RSDC Asrama Haji

"Kapal ini nantinya akan dioperasikan Pushidrosal sebagai unsur bantu Hidro Oseanografi (BHO) sebagai Lembaga Hidrografi Nasional dan Pusat Informasi Geopasial Kelautan Indonesia. Semoga kehadiran KRI ini dapat menambah semangat dan menajamkan kemampuan TNI AL dalam melaksanakan tugas-tugas survei dan pemetaan laut," jelas KSAL dalam keterangan tertulis, Kamis (5/8/2021).

Dia memaparkan, pembangunan KRI ini memiliki makna yang sangat strategis bagi industri pertahanan nasional. Menurutnya, PT. KAS telah berhasil dalam pengembangan teknologi industri pertahanan yang mampu menjadi solusi dalam upaya mengurangi ketergantungan dari negara lain dalam pengadaan alutsista TNI AL di masa mendatang.

"Khususnya kapal-kapal BHO yang selama ini pengadaan dan pembangunannya dilakukan oleh galangan kapal luar negeri," ungkap dia.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini