Kisah Haru Anak-anak Makamkan Orangtuanya yang Meninggal Karena Covid-19

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 06 Agustus 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 337 2451516 kisah-haru-anak-anak-makamkan-orangtuanya-yang-meninggal-karena-covid-19-R2X6GymmOb.jpg Foto: Tangkapan layar.

JAKARTA - Kehilangan orang tua adalah kesedihan mendalam yang dirasakan sang anak. Terlebih kehilangan orang tua akibat Covid-19. Berikut beberapa cerita haru anak di pemakaman orang tuanya yang ditinggal meninggal karena Covid-19, yang dirangkum Tim Litbang MPI:

 1. Asahan, Sumatera Utara

Seorang perempuan di Asahan, Sumatera Utara menyaksikan makam sang ibu yang belum ditutup tanah, namun sudah ditinggalkan oleh petugas pemakaman yang menggunakan APD lengkap. Kejadian tersebut diunggahnya dalam sebuah video pada 2 Agustus 2021. Perempuan itu diketahui berinisial RS, dan menyatakan bahwa sang ibu terpapar Covid-19. Dalam video itu, RS mengatakan bahwa keluarganya dibiarkan menutup lubang kuburan sendiri, sementara para petugas meninggalkan lokasi begitu saja.

BACA JUGA: Viral! Bocah Berpakaian APD Azan di Pemakaman Ibunda

Dilansir dari beragam sumber, sebenarnya Kepala Desa setempat menampik perkataan RS itu. Ia menyatakan sudah bersedia menjadi relawan pemulasaran jenazah. Karena, ketika itu banyak dari pihak keluarga korban yang tidak bersedia memakamkan jenazah akibat juga positif terpapar Covid-19. Namun, ketika proses pemakaman sedang berjalan, sang Kades yang juga turun tangan langsung menurunkan jenazah ke liang lahat harus menghadiri acara lain dan terpaksa meninggalkan lokasi. Keluarga pun merasa kecewa dengan situasi yang ada.

BACA JUGA: 5 Kasus Kematian Akibat Covid-19 Paling Mengiris Hati

2. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Anak laki-laki yang baru berusia 13 tahun berinisal A di Kutai Kartanegara, Kalimantan Tengah viral di media sosial pada 25 Juli 2021, setelah kisah harunya mendapat banyak perhatian warganet. Sembari menggunakan APD, ia mengazankan jenazah ibunya yang meninggal akibat Covid-19. Sementara itu, ayahnya diketahui sudah meninggal terlebih dahulu, juga akibat paparan Covid-19.

3. Jakarta

Kisah pilu lainnya datang dari seorang perempuan berinisial E di Jakarta yang harus menghadiri pemakaman kedua orangtuanya tanpa didampingi keluarga besar atau teman-teman terdekatnya. Dikutip dari bebagai sumber, E kehilangan ayah dan ibunya dalam waktu yang berdekatan akibat Covid-19, serta harus menyaksikan proses pembungkusan jenazah orangtuanya sebelum dikebumikan. Ketika tiba di lokasi pemakaman, prosesi yang harus dilakukan pun tergolong sangat ketat dan tidak boleh dihadiri orang banyak.

4. India

SK, gadis asal India harus menggali liang makam dan menguburkan jenazah sang ibu dengan usahanya sendiri. Ketika ia membawa jenazah ibunya pulang ke kampung halaman, tidak ada satu orang pun yang mau membantu dirinya dan kedua adiknya. Akhirnya dia terpaksa memakamkan jenazah ibunya sendirian dengan menggunakan APD lengkap. Ayahnya telah meninggal dunia terlebih dahulu akibat Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini