Orangtua Omeli Guru yang Beri Murid Soal Tanpa Penjelasan, Videonya Viral

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 05 Agustus 2021 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 337 2451432 orangtua-omeli-guru-yang-beri-murid-soal-tanpa-penjelasan-videonya-viral-jlDGC4SAFb.jpg Foto: Tangkapan layar.

JAKARTA – Kegiatan belajar melalui daring menjadi sesuatu yang biasa pada masa pandemi Covid-19 ini. Namun, tak jarang metode belajar tanpa tatap muka antara guru dan murid ini menimbulkan keluhan dari orang tua siswa, seperti yang dilakukan seorang ibu di media sosial. 

Dalam sebuah video viral yang diunggah di akun Instagram @smart.gram seorang perempuan, yang merupakan orang tua siswa mengeluhkan tindakan para guru yang memberi soal untuk dikerjakan murid-muridnya tanpa memberikan penjelasan atau tutorial selama pembelajaran daring. Teguran juga diberikan kepada para guru yang hanya memberikan penjelasan melalui video YouTube.

BACA JUGA: Viral! Copet Asyik Gasak Dompet Penumpang Bus Transjakarta 

Menurut sang ibu, tidak semua anak bisa mengerti soal yang diberikan tanpa penjelasan, atau bisa mengerti penjelasan yang diberikan melalui video YouTube. Hal ini tentu saja menyulitkan siswa untuk mengerjakan soal yang diberikan, dan orangtua yang mencoba mengajari mereka.

"Terkhusus Bapak,Ibu guru yang selalu memberikan soal kepada muridnya tanpa memberikan tutor atau memberikan tutor melalui video YouTube. Pak,Buk, nggak semua anak ngerti kalau dijelaskan melalui YouTube. Terus jenengan bisa jawab? terus apa guna orang tua di rumah?," kata sang ibu dengan nada keras.

BACA JUGA: Viral Dua Kelompok Remaja Putri Saling Baku Hantam di Lapangan Terbuka Bojonggede

Dia melanjutkan bahwa tidak semua orangtua mengerti soal dan yang diberikan dan bisa menjelaskan pada anak-anak mereka.

Sang ibu kemudian menyarankan agar para guru merekam penjelasan mereka dalam bentuk video kemudian dibagikan di grup belajar daring agar siswa bisa lebih memahami.

"Alangkah baiknya kalau memberikan soal kepada anak jangan lewat YouTube. Jenengan bikin video sendiri. Dijelaskan, Anda nutor. Kemudian video anda di-share ke grup. Jadi anak lebih ngerti. Jangan Anda memberikan soal tanpa memberikan tutor atau menjelaskan caranya terutama pelajaran matematika," ujarnya.

Video itu menjadi viral dan banyak dikomentari warganet, yang setuju dengan keluhan dari si ibu. Banyak dari mereka mengatakan merasakan kekesalan yang sama karena tindakan para guru yang memberikan soal kepada murid tanpa memberikan penjelasan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini