Muhammadiyah : Vaksinasi Bagian dari Ikhtiar Ilmiah

Widya Michella, MNC Media · Kamis 05 Agustus 2021 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 337 2451384 muhammadiyah-vaksinasi-bagian-dari-ikhtiar-ilmiah-65U6u47q97.jpg Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti. (Foto : Sindonews)

JAKARTA - Sekretaris Umum (Sekum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, menyebut vaksinasi merupakan bagian dari cara dan ikhtiar manusia untuk dapat memiliki ketahanan dan imunitas agar bisa relatif terlindungi dari kemungkinan tertular Covid-19. Vaksinasi bukan pengobatan, melainkan perlindungan untuk manusia.

Menurutnya, sebagai umat beragama diwajibkan Allah SWT untuk senantiasa berikhtiar dan kemudian keputusan akhir dari ikhtiar itu ada di tangan Allah dan diri masing-masing.

Sehingga vaksinasi dipandang sebagai bagian dari usaha yang sesuai kepercayaan ahlu sunnah dalam menghadapi masalah, yaitu wajib mendahulukan ikhtiar sebelum bertawakal.

"Nah, vaksinasi itu adalah bagian dari ikhtiar ilmiah, sedangkan tawakal itu adalah ikhtiar diniyah. Dua-duanya harus kita gabungkan. Itulah saya kira visi dan pandangan Muhammadiyah bagaimana kita terlibat dalam gerakan-gerakan kemanusiaan itu,” tutur Mu’ti, dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Kamis (5/8/2021).

Ia menambahkan, tentu saja manusia berusaha, tapi Tuhan yang menentukan semuanya. Setelah berusaha, berikhtiar, ada saatnya bertawakal yang merupakan ciri dari hamba Allah yang muttaqin, harus berusaha, harus berikhtiar, tetapi tidak bergantung pada ikhtiar karena semuanya hanya bertawakal bergantung kepada Allah.

Baca Juga : Haedar Nashir: Kami Harap Amerika Memelopori Pandangan Positif pada Dunia Islam

"Karena itu, bagaimana pandangan kita mengenai penyakit, mengenai Alquran, mengenai Islam dan sikap kita di dalam menyelesaikan berbagai persoalan itulah yang kemudian menjadi distingsi, pembeda antara umat dan bangsa yang berkemajuan, umat dan bangsa yang berilmu pengetahuan, tapi juga umat dan bangsa yang berkeadaban," ujarnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini