Jaksa KPK Eksekusi Suheri Terta ke Lapas Sukamiskin

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Kamis 05 Agustus 2021 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 337 2451213 jaksa-kpk-eksekusi-suheri-terta-ke-lapas-sukamiskin-jfwcXFpHKf.jpg Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjebloskan Legal Manager PT Duta Palma Suheri Terta ke Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin untuk menjalani pidana penjara selama 3 tahun.

Suheri Terta sendiri merupakan terpidana perkara suap izin pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau Tahun 2014.

Baca Juga:  KPK Periksa Dedi Mulyadi Terkait Dana Bantuan Provinsi Jabar

Eksekusi tersebut sesuai Putusan Pengadilan Tipikor pada PN Pekanbaru Nomor : 26/Pid.Sus-TPK/2020/PN.Pbr tanggal 9 September 2020 Jo Putusan MA Nomor : 190K/Pid.Sus/2021 tanggal 30 Maret 2021.

"Atas nama Terpidana Suheri Terta pada 4/8/2021 dengan cara memasukkannya ke Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin untuk menjalani pidana penjara selama 3 tahun dikurangi selama berada dalam tahanan," ujar Plt Juru bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (5/8/2021).

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Pekanbaru memutuskan Suheri Terta divonis bebas. Jaksa penuntut pada KPK pun mengajukan kasasi dan dikabulkan oleh Mahkamah Agung (MA).

"Terpidana pada tingkat putusan MA telah dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan dibebankan pula untuk melakukan pembayaran uang denda sebesar Rp50 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayarkan maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan," kata Ali.

Baca Juga:  KPK Tegaskan Tak Ragu Jerat Pihak Lain di Kasus Suap Pajak

Dalam dakwaan, JPU KPK menyebut Suheri dan pemilik PT Duta Palma, Surya Darmadi, diduga menyuap Rp8 miliar kepada mantan Gubernur Riau Annas Maamun. Dari angka itu, Rp3 miliar telah diberikan sebagai uang muka dan sisanya diberikan setelah rencana tata ruang wilayah atau RTRW disahkan menteri. Uang itu diserahkan Suheri melalui seorang perantara yakni Gulat Mendali Emas Manurung.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini