Muhammadiyah Waspadai Politisi 'Ikan Lele' di Tengah Pandemi Corona

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 05 Agustus 2021 02:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 337 2451068 muhammadiyah-waspadai-politisi-ikan-lele-di-tengah-pandemi-corona-4L7kxuIDRj.jpg Covid-19.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu'ti mewaspadai manuver politisi 'ikan lele' di tengah pandemi Covid-19.

Menurut dia, perburukan penanganan pandemi tidak hanya disebabkan oleh dampak sosial dan ekonomi semata, tapi juga oleh ulah mereka.

Hal tersebut dikatakan Mu'ti saat menjadi pembicara dalam forum daring di Universitas Muhammadiyah Gresik, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Indonesia Dapat Hibah 20.102 Obat Covid-19 Remdesivir dari Belanda

Mu'ti menjelaskan, istilah politisi ikan lele ini dipinjamnya dari ungkapan Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif untuk menunjuk mereka yang senang tampil memperkeruh suasana dan mengadu domba.

“Saya menyebut politisi ini tidak selalu mereka yang menjadi pengurus partai politik, tetapi orang yang pikirannya selalu mengaitkan berbagai keadaan itu dengan politik, berbagai persoalan dipolitisasi,” jelas Mu’ti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima, Kamis (5/8/2021).

Mu'ti menjelaskan, politisi ikan lele itu adalah mereka yang menikmati kehidupannya di tengah keruhnya air. "Sehingga karena itu sekarang ini banyak sekali orang yang berusaha memancing di air keruh dan banyak orang yang tidak sekadar memancing di air keruh tapi juga memperkeruh suasana,” tambahnya.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini