B2W Sebut Kecelakaan Sepeda Terbanyak Terjadi di Jakarta

Bima Setiyadi, MNC Portal · Rabu 04 Agustus 2021 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 337 2450814 b2w-sebut-kecelakaan-sepeda-terbanyak-terjadi-di-jakarta-SpS8A81ESf.jpg Pengguna sepeda (Foto: Antara)

JAKARTA - DKI Jakarta masih menjadi peringkat teratas kecelakan pesepeda meski sudah memiliki jalur khusus. Sedikitnya ada 10 pesepeda yang meninggal akibat kecelakaan sejak Januari 2021 lalu. 

Berikut adalah data pesepeda yang mengalami kecelakaan atau wafat akibat faktor kesehatan saat sedang melakukan aktivitas bersepedanya di seluruh Indonesia. Data ini dirangkum dari informasi Korwil Bike2Work Indonesia dan selalu diperbaharui.

"Angka kejadian tertinggi masih di Ibukota Jakarta dengan 10 kecelakaan, Jogya tujuh kecelakaan, Bandung enam kecelakaan, dan Bogor sebanyak tiga kecelakaan," seperti dikutip dalam akun Instagram @b2w_indonesia, Rabu(4/8/2021).

Baca Juga: Pagi Ini Anies Kembali Bersepeda ke Balai Kota, Ingatkan Warga soal Prokes

Jumlah pesepeda yang terlibat tabrakan/lakalantas ada 25 pesepeda, di mana 10 di antaranya wafat. Sementara kecelakaan tunggal terjadi 8 peristiwa, di mana 4 di antaranya wafat.

Sementara angka pesepeda yang wafat akibat faktor kesehatan mencapai 13 pesepeda. "Angka ini memang jauh menurun dibandingkan tahun sebelumnya, terutama karena faktor kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat," lanjut ketereangan itu.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan pembangunan jalur sepeda permanen sejak 9 September tahun lalu. Realisasi pembangunan jalur sepeda permanen ini diawali dengan upaya Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang menyiapkan rute di sepanjang ruas Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin sepanjang 11,2 kilometer.

Sebagai pembatasnya, Dishub DKI Jakarta menggunakan pot tanaman atau planter box yang dibentuk layaknya rantai yang saling terkait. Baca Juga: Anies Gowes Bareng Keluarga, Netizen: Mantap Pak, Tolak yang Mau Membongkar Jalur Sepeda!

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini