Panglima TNI dan CDF Australia Pimpin Sidang ke-9 Ausindo HLC 2021, Bahas Kerjasama Lebih Erat

Tim Okezone, Okezone · Rabu 04 Agustus 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 337 2450748 paglima-tni-dan-cdf-australia-pimpin-sidang-ke-9-ausindo-hlc-2021-bahas-kerjasama-lebih-erat-Pup9ht3r1N.jpg Panglima TNI dan CDF Australia jalani Sidang Ausindo HLC 2021 (Foto: TNI)

JAKARTA - Persahabatan Australia-Indonesia telah terjalin dengan baik dan dalam rentang waktu yang cukup lama, demikian juga halnya dengan kerja sama militer antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Australia Defense Force (ADF) yang terus meningkat.

Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum berkahir, membuka mata bersama bahwa saat ini yang dibutuhkan yaitu kerja sama dan sinergi untuk dapat menanggulangi dampak yang sangat signifikan.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Chief of The Defence Forces (CDF) Australia General Angus Campbell memimpin Sidang ke-9 Australia-Indonesia High Level Committee (Ausindo HLC) 2021 yang diselenggarakan secara virtual. Panglima TNI memimpin kegiatan ini dari Klub Eksekutif Persada, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (4/8/21).

"Harus kita akui, ditengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, juga berdampak kepada berbagai kegiatan militer bilateral kedua angkatan bersenjata, Akan tetapi saya yakin hal tersebut tidak menghalangi tujuan kerja sama itu sendiri, Hubungan dan kerja sama antara TNI dan ADF terus terjalin erat. Komunikasi antar staf dan antar pejabat tetap berlangsung, termasuk antara saya dengan Jenderal Campbell. Saya sangat menghargai upaya-upaya kita bersama tersebut," tegas Panglima TNI.

Panglima TNI yakin dengan semangat kebersamaan, melalui diskusi menggunakan video conference ini tetap akan berlangsung dengan produktif  Kedua belah pihak tentu sudah lebih dapat beradaptasi dengan situasi pandemi serta dapat mencari bentuk kerja sama yang sesuai.

Menyadari situasi di kawasan sangat dinamis, Pandemi juga masih berlangsung. TNI dan ADF akan selalu berada di garis depan dalam menjalankan kepentingan kedua Negara. Melalui hubungan dan kerja sama yang erat TNI dan ADF akan saling membantu dan mendukung sebagai dua negara yang bersahabat erat.

"Sekali lagi saya ingin mengulangi pernyataan saya di berbagai kesempatan, bahwa tantangan yang ada saat ini hanya dapat dihadapi melalui kerja sama antar Negara baik secara bilateral maupun multilateral. Saya bangga bahwa TNI dan ADF telah menunjukkan semangat tersebut dan saya yakin kita akan dapat mengatasi berbagai tantangan yang ada," Tegas Panglima TNI.

Tak lupa Panglima TNI mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Chief of The Defence Forces (CDF) Australia General Angus Campbell atas kepemimpinan bersama pada sidang ini, serta kepada para Ketua Sub-Komite, Sekretariat Bersama, serta seluruh staf TNI dan ADF yang telah bekerja keras sesuai bidang masing-masing dalam menyukseskan pertemuan tahunan ini.

Selanjutnya disampaikan bahwa peningkatan kerja sama militer antara ADF dan TNI menjadi sebuah kebutuhan dalam rangka menghadapi berbagai tantangan kedepan dan Pandemi Covid-19 bukan satu-satunya tantangan yang kita hadapi bersama saat ini.

Lebih lanjut Panglima TNI mengajak semua pihak, khususnya para Ketua Sub-Komite Ausido HLC untuk pro-aktif dalam membahas langkah-langkah kerjasama militer di masa mendatang.

Sementara itu Jenderal Angus Campbell menyampaikan, meskipun tidak dapat menjamu delegasi Indonesia di Australia, akan tetapi harapannya pada tahun mendatang akan dapat menjamu secara langsung delegasi Indonesia setelah Pandemi Covid-19 berakhir.

Terlepas dari berbagai kendala yang muncul, seperti pandemi COVID-19 yang melanda dunia. Panglima TNI berharap kerjasama dan hubungan yang baik dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang.

Selanjutnya disampaikan bahwa kerjasama TNI dan ADF pada saat ini semakin kuat dan lebih kompleks di berbagai bidang. Sidang ke-9 Ausindo HLC tahun ini membahas serta menindaklanjuti kesepakatan kerjasaman yang telah dicapai oleh sub-sub komite.

Turut hadir dari delegasi Indonesia kegiatan ini di antaranya Asops Panglima TNI Mayjen TNI Syafruddin, S.E., M.M., M,Tr.(Han), Aspers Panglima TNI Marsda TNI A. Gustaf Brugman, M.Si. (Han), Kapuskersin TNI Laksma TNI R. Teguh Isgunanto, M.A., Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan RI Brigjen TNI J. Binsar Parluhutan Sianipar, Waaslog Panglima TNI Brigjen TNI Trias Widjanarko, Paban 4 bidlugri sintel Kolonel Arh Noel Christian F Tangjong. Turut hadir Delegasi Australia antara lain Atase Pertahanan (Athan) Kedubes Australia di Indonesia Brigadier General Justin Roocke.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini