Soal Sumbangan Rp2 Triliun Akidi Tio, PPATK : Bisa Dikatakan Mendekati Bodong

Tim Okezone, Okezone · Rabu 04 Agustus 2021 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 337 2450595 soal-sumbangan-rp2-triliun-akidi-tio-ppatk-bisa-dikatakan-mendekati-bodong-yyxIAzU2Rg.jpg Ketua PPATK Dian Ediana Rae. (Ist)

JAKARTA - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana Rae menyebut sumbangan Rp2 triliun dari pengusaha Akidi Tio bisa dibilang mendekati bodong. Itu berdasarkan analisis keuangan secara domestik yang dilakukan pihaknya.

"Tapi, sebetulnya ini kalau di dalam konteks analisis keuangan secara domestik semuanya sudah clear. Sebetulnya ini bisa dikatakan, bisa dikatakan mendekati bodong," kata Dian, dikutip dari kanal YouTube PPATK, Rabu (4/8/2021).

Meski begitu, ia menyebut, pihaknya masih akan melakukan penelusuran di lapangan terkait sumbangan Rp2 triliun itu. Itu juga termasuk soal kemungkinan uang ditransfer dari luar negeri.

"Katakanlah kemungkinan transfer dana dari luar negeri ya. Yang ini pun sebetulnya juga bagian dari pemantauan PPATK, karena PPATK bisa melakukan monitoring terhadap keluar-masuknya dana," tuturnya.

Sebelumnya, Dian menyebut, hingga kemarin sore, belum ada transaksi senilai Rp2 triliun dari keluarga Akidi Tio.

Baca Juga : BIN Antisipasi Potensi Kerugian Negara dari Isu Sumbangan Rp2 T Akidi Tio

"Sebelum mungkin terjadi sesuatu hal, yang artinya pembuktian lain di dalam poin-poin lain yang terkait dengan kemungkinan-kemungkinan. Katakanlah kemungkinan transfer dana dari luar negeri ya. Yang ini pun sebetulnya juga bagian dari pemantauan PPATK, karena PPATK bisa melakukan monitoring terhadap keluar-masuknya dana," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, keluarga mendiang Akidi Tio berencana menyalurkan donasi atau dana hibah sebesar Rp2 triliun untuk penanganan Covid-19 di Sumsel. Bahkan seremoni bantuan tersebut telah digelar dan disaksikan oleh pejabat setempat.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini