Daftar Kisah Remaja/ABG Mesum, Mulai dari Terekam Video hingga di Tempat Umum

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 04 Agustus 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 337 2450503 daftar-kisah-remaja-abg-mesum-mulai-dari-terekam-video-hingga-di-tempat-umum-PU6uUX9OwA.jpg Ilustrasi remaja mesum (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Perbuatan mesum masuk dalam kejahatan terhadap kesusilaan, yang kasusnya acap kali ditemukan belakangan ini. Tidak asing pula kasus-kasus tersebut melibatkan kalangan remaja sebagai pelakunya. Hal tersebut tentunya berurusan dengan kenakalan remaja. Hingga saat ini pihak kepolisian masih sering menerima laporan kasus tersebut.

Mulai dari aksi mesum yang terekam video sampai viral, hingga perbuatan mesum di tempat umum. Padahal dilansir dari laman resmi BPSDM Hukum dan HAM Kemenkumham, sanksi bagi pelaku mesum tertuang jelas dalam UU Nomor 44 Tahun 2008 tentang pornografi, maupun Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Berikut daftar cerita remaja/ABG mesum yang diolah Litbang MPI:

1. Viral Video Perbuatan Mesum Sepasang Remaja di Atas Motor, Terekam CCTV

Dilansir dari Sindonews.com, telah viral di media sosial video yang menampakkan perbuatan mesum dua sejoli remaja, yang melakukan hubungan intim di atas sepeda motor dengan posisi berhadapan, di Kota Tasikmalaya pada Kamis Malam (14/1/2021) lalu. Aksi mesum keduanya tertangkap CCTV milik salah satu hotel di kota tersebut. Satreskrim Polresta Tasikmalaya hingga saat ini masih terus menyelidiki rekaman CCTV tersebut, hingga melakukan pemeriksaan di tempat kejadian perkara (TKP). Pihak kepolisian juga sudah meminta keterangan petugas sekuriti yang pada saat itu bertugas di pos keamanan hotel, serta mengumpulkan bahan dan barang bukti. Selain itu, mereka juga menyelidiki pelaku yang telah menyebarkan video itu ke media sosial.

(Baca juga: Kemendagri Dalami Kasus Warga Bekasi Tak Bisa Divaksin Gegara NIK Dipakai Orang Lain)

2. Aksi Mesum Dua Pasang Remaja di Pemandian Cikoromoy Banten

Menurut pernyataan pihak kepolisian Polres Pandeglang lewat laman resmi Humas Polri, pihak mereka telah mengamankan dua remaja berinisial RA (18) dan DS yang diduga berbuat mesum di Pemandian Cikoromoy Banten (19/5/2021). Lantas usai diamankan di rumahnya masing-masing, pemeran pria (DS) mengakui dalam video yang viral di media sosial bahwa tindakan keduanya tidak senonoh, meresahkan masyarakat, tidak terpuji, serta tidak patut dicontoh sebab bertentangan dengan nilai ajaran agama. Pada akhirnya sepasang kekasih itu dijerat Undang-Undang Perbuatan Asusila di muka umum, atau pasal 81 KUHP dengan ancaman hukuman 2 tahun penjara.

(Baca juga: BIN Antisipasi Potensi Kerugian Negara dari Isu Sumbangan Rp2 T Akidi Tio)

3. Polres Probolinggo Amankan Pelajar Pemeran Video Mesum di Taman Maramis Probolinggo

Berdasarkan berita dari iNews.id, Polres Probolinggo telah mengamankan kedua pelaku perbuatan mesum di Taman Maramis Probolinggo, yang mana keduanya masih berstatus pelajar. Pemeran sang pria merupakan pelajar SMA berinisial A (17), dan C (16) adalah perempuan yang masih duduk di bangku SMP. Petugas juga sudah mengamankan pelaku yang mengunggah video mesum tersebut ke media sosial hingga viral. Penangkapan ini bermula ketika petugas satpol PP merazia tempat kejadian tersebut. Di hadapan polisi, keduanya mengaku sedang berpacaran namun membantah kalau berbuat mesum. Sementara itu sang pengunggah video mengaku hanya menyebarkan video tersebut ke grup Whatsapp, dengan harapan petugas lebih mengawasi Taman Aramis dari aksi-aksi mesum. Video yang viral tersebut telah menggemparkan warga Probolinggo, dengan jumlah penonton mencapai 10.000 orang.

4. Polisi Amankan Remaja Berusia 19 Tahun di Warung yang Biasa Digunakan Untuk Mesum

Dilansir dari situs resmi Tribratanews Polri, sebuah warung di Desa Krandon Kec. Kesesi diduga menyediakan kamar untuk mesum. Petugas Polsek Kesesi akhirnya berhasil mengamankan seorang remaja perempuan (19) akibat tidak membawa identitas, yang berada di salah satu kamar bekerja sebagai panggilan. Orang tua dari remaja tersebut juga menerangkan bahwa anak perempuannya itu sudah 15 hari tidak pulang. Dengan demikian kasus aksi mesum remaja ini diserahkan ke pihak keluarga, usai orang tua beserta kepala desa dipanggil ke Polsek Kesesi. Berbekal aduan masyarakat, Polsek Kesesi akhirnya memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada pemilik warung untuk tidak menyewakan kamar untuk berbuat mesum, dan hanya untuk berjualan makanan saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini