BIN Antisipasi Potensi Kerugian Negara dari Isu Sumbangan Rp2 T Akidi Tio

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 04 Agustus 2021 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 337 2450495 bin-antisipasi-potensi-kerugian-negara-dari-isu-sumbangan-rp2-t-akidi-tio-ArynA7NTC7.jpg Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto (Foto: Sindo)

JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) terus memantau perkembangan isu terkait rencana donasi Rp2 triliun untuk penanganam Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel) oleh keluarga mendiang Akidi Tio.

Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto mengatakan, pemantauan dan antisipasi dilakukan terkait dengan potensi atau kemungkinan kerugian negara yang timbul akibat isu tersebut.

"Polri telah meminta keterangan kepada anak Akidi Tio, Heriyanti terkait sumbangan tersebut. BIN tetap melakukan pemantauan dan antisipasi terhadap potensi/kemungkinan kerugian negara yang mungkin timbul akibat isu tersebut," ujar Wawan saat dikonfirmasi, Rabu (4/8/2021).

Wawan menegaskan, BIN tidak mempunyai kewenangan penangkapan baik di dalam maupun di luar negeri sebagaimana diatur dalam Pasal 30 Undang-undang Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara.

Baca juga: Soal Donasi Akidi Tio, Polda Sumsel Ungkap Saldo di Rekening Tak Capai Rp2 Triliun

Wawan mengatakan isu ini masih terus berproses. Karenanya ia meminta masyarakat tidak berspekulasi lebih jauh tentang sengkarut yang terjadi.

"Semua masih proses, kita tunggu kepastian akhir tentang sumbangan tersebut. Masyarakat diimbau untuk tidak berspekulasi," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, keluarga mendiang Akidi Tio berencana menyalurkan donasi atau dana hibah sebesar Rp2 triliun untuk penanganan Covid-19 di Sumsel. Bahkan seremoni bantuan tersebut telah digelar dan disaksikan oleh pejabat setempat.

Baca juga: Kronologi Anak Akidi Tio Dilaporkan ke Polda Metro Jaya Terkait Kasus Penipuan

Belakangan uang Rp2 triliun yang dijanjikan oleh keluarga mendiang Akidi Tio belum kunjung ditransfer. Alasannya, proses pencairan sulit lantaran nominal uang dalam jumlah besar.

Hingga saat ini uang Rp2 triliun itu belum terlihat. Anak mendiang Akidi Tio, Heryanti, akhirnya diperiksa polisi terkait perkara tersebut. Status hukum yang bersangkutan masih sebagai saksi.

Baca juga: Soal Sumbangan Rp2 Triliun, Mahfud MD Sejak Awal Sudah Tidak Yakin

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini