Wamenkes: Anak Bisa Jadi Pembawa Virus Corona, Penting Dilakukan Vaksinasi

Jonathan Nalom, MNC Media · Selasa 03 Agustus 2021 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 337 2450203 wamenkes-anak-bisa-jadi-pembawa-virus-corona-penting-dilakukan-vaksinasi-KAjFTM0ijb.JPG Wamenkes Dante saat meninjau vaksinasi anak di Jakarta Pusat (Foto: MPI/Nalom)

JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono menyoroti pentingnya penerimaan dosis vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak. Hal ini lantaran anak-anak dapat menjadi carier bagi orang tua atau lingkungan keluarganya.

“Kenapa anak-anak ini penting di vaksinasi? Walaupun pada anak-anak itu gejalanya tidak terlalu berat tapi tetap punya potensi sebagai carier bagi keluarganya, kadang mereka tidak bergejala atau OTG, tapi bisa menularkan, sehingga kepada anak penting dilakukan vaksinasi secara maksimal,” ujar Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono saat menghadiri acara pelepasan mobil keliling Sentra Vaksin Serviam, di sekolah Santa Ursula, Jakarta Pusat, Selasa (03/08/2021)

Dante menambahkan, oleh sebabnya penggalakan vaksinasi yang dibuka di sekolah sangat penting. Bahkan inovasi mobil keliling dinilainya sangat membantu.

“Seperti kegiatan yg dilakukan hari ini, salah satu inovasi adalah memberikan vaksinasi di sekolah, kalau anaknya datanya banyak akan dilakukan vaksinasi dengan mobil keliling ke sekolahnya masing-masing, kalau sedikit datang kesini,” sambungnya

Dalam kesempatan tersebut, Dante juga mengatakan pemerintah juga menyediakan sentra vaksinasi dan kegiatan vaksinasi untuk umum. Dante menambahkan, dalam sentra vaksinasi tersebut juga bisa dilakukan untuk anak-anak.

“Untuk pendataan juga sudah kita lakukan menggunakan data KK, dengan KK kita harapkan penambahan sekitar 50 jutaan anak-anak di seluruh Indonesia yang berumur 12-17 tahun akan tervaksinasi dan mereka memainkan peranan penting dalam perjalanan pandemi ini,” tegasnya

Dante juga mengapresiasi keluarga Serviam yang turut hadir dalam mendukung program vaksinasi oleh pemerintah. Diapun berharap kegiatan vaksinasi tersebut dapat terus dilakukan sehingga membantu mencapai angka warga yang tervaksin sampe 100 persen.

“Kegiatan vaksinasi secara mobile ini kita harapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi semua yang ada di Jakarta untuk mencapai vaksinasi hampir 100 persen, terutama nanti bergerak di tempat tempat yang sulit dimana masyarakat harus diaktifkan disitu, kemudian bergerak ketempat tempat marjinal dimana mereka sangat sukar mencapai akses vaksinasi secara formal.” tandasnya

Adapun, Dante dalam rangkaian kegiatan tersebut sempat melakukan penyuntikan vaksinasi sebagai salah satu tanda peluncuran mobil keliling vaksin sentra serviam. Saat itu, Dante menyuntikan lima dosis vaksin kepada lima siswa/siswa yang datang di lokasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini