Soal Sumbangan Rp2 Triliun, Mahfud MD Sejak Awal Sudah Tidak Yakin

Riezky Maulana, iNews · Selasa 03 Agustus 2021 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 337 2450053 soal-sumbangan-rp2-triliun-mahfud-md-sejak-awal-sudah-tidak-yakin-g16KyLUfdh.jpg Keluarga Akidi Tio (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku sejak awal tidak percaya anak bungsu mendiang pengusaha Akidi Tio, Heriyati hendak menyumbangkan dana sebesar Rp2 triliun untuk penanganan Covid-19. Menurutnya, kebohongan dengan cara tersebut telah banyak terjadi sebelumnya.

Lebih jauh Mahfud menuturkan, cuitan dia sebelumnya adalah bermaksud untuk menyindir yang bersangkutan, bukan lah benar-benar berharap.

"Terkait Akidi Tio, saya sejak awal sudah tak yakin itu ada karena petualang seperti itu sudah banyak memberi pelajaran pada kita. Makanya, ketika saya mencuit 'mudah-mudahan itu nyata' Saya justeru sama sekali tak berharap itu ada tapi saya nyindir kepada yang percaya dengan itu," tutur Mahfud dalam keterangan tertulis, Selasa (3/8/2021).

Mahfud menjelaskan, ketika mendengar kabar akan adanya sumbangan tersebut, dirinya langsung mengontak Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang pada saat itu ikut hadir dalam kegiatan Forkompimda di Mapolda Sumatera Selatan. Namun, kata Hendra ke Mahfud, tak ada satupun dokumen ataupun penyerahan barang terkait sumbangan tersebut.

"Saya juga sudah bertanya kepada Gubernur Sumsel Pak Herman Daru. Ternyata gubernur juga hanya diundang seremoni sebagai Forkompimda secara dadakan tapi tak ada penyerahan barang atau dokumen apa pun," katanya.

Menurut dia, sejak dulu banyak orang yang mengaku hendak menyumbangkan sebagian kekayaannya, tetapi pada kenyataannya klaim tersebut hanyalah kebohongan semata. Dirinya pun mengapresiasi terhadap orang-orang yang sejak awal tak memercayai sumbangan dari anak Akidi Tio tersebut, salah satunya eks Menkumham Hamid Awaludin.

"Sejak dulu banyak orang yang seperti itu, mengaku mau menyumbang, bisa menggali uang dengan kesaktian secara ajaib, bisa menemukan obat untuk 1.000 penyakit, tapi semua bohong. Saya mendukung Hamid Awaluddin yang tak mau percaya begitu saja dengan sumbangan 2T dari Akidi Tio itu, makanya saya berbagi pengalaman di cuitan saya itu," paparnya.

Baca Juga : Kepastian Sumbangan Rp2 Triliun dari Keluarga Akidi Tio Ditentukan Hari Ini

Diberitakan sebelumnya, Anak bungsu almarhum Akidi Tio, Heriyanti dijemput langsung oleh Dir Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Ratno Kuncoro untuk di bawa ke Mapolda Sumsel, Senin (2/8/2021). Dia dibawa sekitar pukul 13.00 WIB.

Heriyanti digiring ke Mapolda Sumsel terkait kejelasan bantuan dari mendiang ayahnya, Akidi Tio yang pekan lalu diserahkan secara simbolis ke Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini