Warga Berterima Kasih atas Bantuan Masker BNPB untuk Disiplin Prokes

Tim Okezone, Okezone · Selasa 03 Agustus 2021 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 337 2449909 warga-berterima-kasih-atas-bantuan-masker-bnpb-untuk-disiplin-prokes-GyY0kCiEOS.jpg BNPB bagikan masker di sejumlah daerah (Foto: BNPB)

JAKARTABadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Melalui Direktorat Dukungan Sumber Daya Darurat (DSDD) mendistribusikan 50 ribu buah masker kepada masyarakat Banten jelang akhir Juli 2021 lalu.

Pendistribusian masker ini menjadi salah satu upaya penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19. Warga sangat antusias saat mendapatkan bantuan tersebut.

Saat tim BNPB membagikan bantuan langsung di tengah masyarakat, warga menyampaikan terima kasih atas masker yang dibutuhkan sebagai alat perlindungan diri di tengah pandemi Covid-19.

"Penggunaan masker merupakan bagian dari langkah 3M untuk memutuskan rantai penyebaran virus SARS-Cov-2, penyebab Covid-19," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: BNPB Dorong Pengendalian Covid-19 untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi di Bali

Kemudian, lanjut dia, bantuan masker dialokasikan untuk beberapa wilayah di Provinsi Banten, antara lain Kabupaten Serang sebanyak 20 ribu buah, Kabupaten Pandeglang 10 ribu, Kabupaten Lebak 10 ribu, dan Kota Serang 10 ribu.

Di samping membagikan langsung kepada warga, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan simbolis bantuan masker kepada Posko PPM yang berlokasi di Kabupaten Serang, Banten.

"BNPB menargetkan bantuan masker untuk Pos PPKM, pejalan kaki, pedagang dan Pesantren Ardaniyah yang berada di Kota Serang," imbuh Abdul.

Baca juga: Optimalisasi Posko PPKM Jabar, BNPB Kembali Distribusikan 134 Ribu Masker

Selanjutnya, pendistribusian masker dari tingkat kecamatan hingga kelurahan akan terus dilakukan dengan dukungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang berada di setiap kabupaten maupun kota.

Di samping pemberian bantuan, BNPB juga melakukan pemantauan pelaksanaan PPKM di wilayah Provinsi Banten. Langkah ini untuk mendapatkan gambaran terhadap penyelenggaraan PPKM di daerah. Pemantauan dan pendistribusian masker berlangsung selama dua hari, yaitu pada 23-24 Juli 2021 lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh BNPB per hari ini, Senin 2 Agustus 2021, Provinsi Banten menempati posisi kelima skala nasional dengan angka kasus aktif sebanyak 28.302 kasus.

Baca juga: BNPB Pantau Posko PPKM Tingkat Kelurahan di Jabodetabek

Melalui upaya pemantauan dan pendistribusian bantuan di setiap posko PPKM tersebut, BNPB berharap dapat menekan penularan Covid-19 secara optimal. Pemerintah tentunya tidak dapat bekerja sendiri dalam mengendalikan pandemi Covid-19 tanpa dukungan dari masyarakat sebagai garda terdepan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini