Kisah Gus Dur : Dikira Hantu saat Tertidur di Makam Ayahnya

Tim Okezone, Okezone · Selasa 03 Agustus 2021 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 337 2449857 kisah-gus-dur-dikira-hantu-saat-tertidur-di-makam-ayahnya-Azmx7lJXLJ.jpg Gus Dur (foto: ist)

JAKARTA - KH Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur, merupakan sosok yang sangat humoris. Ia mempunyai banyak humor dan pengalaman lucu.

Penulis buku biografi Gus Dur, Greg Barton pernah mendapatkan cerita pengalaman lucu ketika Gus Dur dikira hantu. Kisah ini berawal dari pertanyaan Hanna, putri Greg Barton kepada Gus Dur soal percaya tidak dengan adanya hantu.

Baca juga: Tiga Langkah Mencerna Politik Luar Negeri Ala Gus Dur

Lalu Gus Dur menjawab, saat pengalaman dirinya ziarah ke makam ayahanda KH. Wahid Hasyim di komplek pemakaman pesantren Tebu Ireng Jombang, Jawa Timur, pada tengah malam hingga tertidur.

“Ini pengalaman saya. Tempo hari saya di makam bapak saya di Jombang. Sudah kebiasaan saya ke makamnya pada waktu tengah malam. Dan salah satu malam Sabtu, saya ke sana sudah berjam-jam dan waktu itu sedang dalam kondisi batuk. Lalu saya berbaring di makam dan tidak ada orang lain di sana,” kata Gus Dur.

Baca juga: Pengakuan Jujur Nyai Sinta Wahid terhadap Sosok Gus Dur

Lalu sekira pukul 03.00 WIB, kata Gus Dur, ia pun terbangun dari tidurnya karena mendengar ada seseorang yang datang ke makam untuk berziarah.

“Mungkin sekitar jam 3 pagi, saya terbangun dari tidur karena mendengar ada suara orang yang datang ke makam untuk berziarah. Tetapi, karena tiba-tiba terbangun mendengar suara orang itu, saya langsung berdiri. Sedangkan orang yang datang ke makam itu berteriak dan melarikan diri,” tuturnya.

“Kalau saya percaya pada hantu, ini kan merupakan misterius. Terus terang saya kurang tahu. Jadi kalau ditanya percaya atau tidak, saya tidak bisa menjawab. Tetapi, kalau orang itu (yang datang ke makam lalu berlari, red) ditanyakan pasti orang itu akan bilang percaya, karena takut dan merasa melihat hantu,” ujar Gus Dur seperti dilansir NU Online.

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini