Luhut Bilang Varian Delta Covid-19 Sangat Cepat Turunkan Saturasi Oksigen

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 02 Agustus 2021 20:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 337 2449826 luhut-bilang-varian-delta-covid-19-sangat-cepat-turunkan-saturasi-oksigen-08AO0LBuHW.jpg Luhut Pandjaitan (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada terhadap virus Covid-19 varian Delta. Sebab, kata Luhut, varian Delta sangat cepat menurunkan saturasi oksigen pasien Covid-19.

“Untuk diketahui varian Delta ini sangat cepat membuat penurunan saturasi oksigen,” ungkap Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Senin (2/8/2021).

Karena itu, kata Luhut, untuk menghindari masyarakat meninggal karena terjadi penurunan saturasi oksigen ini harus segera dilakukan isolasi secara terpusat.

“Kita ingin menghindari orang yang bisa meninggal karena saturasi oksigen sudah turun dan mengalami pemburukan dan baru dibawa ke rumah sakit. Sehingga berpotensi menimbulkan kematian karena keterlambatan mendapatkan penanganan,” papar Luhut.

Bahkan, Luhut mengatakan saat ini 49.000 fasilitas isolasi terpusat sudah disiapkan. “Fasilitas terpusat ini dilengkapi dokter, perawat, obat-obatan, oksigen, dan konsumsi pasien. Sudah kami siapkan 49.000, saya ulangi 49.000 tempat tidur di pulau Jawa dan Bali,” katanya.

“Sehingga kita ingin dengan testing tracing ini harus bisa kita isi semua banyak mungkin, sehingga kita bisa memastikan memisahkan orang-orang yang kena Covid-19 dari keluarganya. Sehingga cluster-cluster keluarga itu bisa kita kurangi,” papar Luhut.

Baca Juga : Luhut: Angka Kasus Covid-19 di Jawa Bali Rata-Rata Turun 50%

Luhut menegaskan bahwa isolasi terpusat sangat penting bagi pasien Covid-19 terutama yang berisiko tinggi.

“Isolasi terpusat baik di level desa kecamatan kabupaten kota ataupun di level provinsi sangat penting terutama bagi pasien-pasien beresiko tinggi ataupun yang di rumahnya ada ibu hamil, orang tua, orang komorbid,” turutnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini