Presiden Jokowi: Kebijakan Sama Tak Bisa untuk Durasi Panjang

Dita Angga R, Sindonews · Senin 02 Agustus 2021 19:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 337 2449800 presiden-jokowi-kebijakan-sama-tak-bisa-untuk-durasi-panjang-yfVyLFmno0.jpg Presiden Jokowi (Foto : BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pilihan masyarakat dan pemerintah adalah sama dalam mengatasi pandemi Covid-19. Yakni menghadapi ancaman jiwa dan ekonomi.

“Pilihan masyarakat dan pemerintah adalah sama. Yaitu, antara menghadapi ancaman keselamatan jiwa akibat Covid-19, dan menghadapi ancaman ekonomi, kehilangan mata pencaharian dan pekerjaan,” katanya dalam konferensi persnya, Senin (2/8/2021).

Karena itu Jokowi menekankan kebijakan gas dan rem harus dilakukan secara dinamis sesuai dengan perkembangan kasus covid-19 di hari-hari terakhir. Dia juga menegaskan bahwa tidak bisa menggunakan kebijakan yang sama dalam durasi yang panjang.

“Kita tidak bisa membuat kebijakan yang sama dalam durasi yang panjang. Kita harus menentukan derajat pembatasan mobilitas masyarakat sesuai dengan data di hari-hari terakhir agar pilihan kita tepat. Baik untuk kesehatan maupun untuk perekonomian,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengumumkan untuk kembali memperpanjang PPKM level 4 di beberapa kabupaten/kota tertentu. Perpanjangan dilakukan selama satu minggu mendatang.

Baca Juga : PPKM Level 4 Diperpanjang, Jokowi: Gas dan Rem Harus Dinamis

“Dengan mempertimbangkan perkembangan beberapa indikator kasus pada minggu ini, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten kota tertentu," ujar Jokowi.

"Dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai kondisi masing-masing daerah,” imbuhnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini