PPKM Level 4 Diperpanjang, Jokowi: Gas dan Rem Harus Dinamis

Tim Okezone, Okezone · Senin 02 Agustus 2021 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 337 2449781 ppkm-level-4-diperpanjang-jokowi-gas-dan-rem-harus-dinamis-gHOb5raRoh.jpg Presiden Jokowi (Foto : BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang berakhir pada hari ini, hingga 9 Agustus 2021. Namun, Jokowi mengatakan "gas dan rem" harus dilakukan secara dinamis dalam menjalankan setiap kebijakan.

"PPKM pada 26 Juli hingga 2 Agustus telah melakukan perbaikan skala nasional. Karena itu, pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM Level 4 pada 3-9 Agustus di beberapa kabupaten/kota tertentu dengan penyeusian sesuai kondisi masing-masing daerah. Terkait hal teknis dijealskan menko dan menteri terkait," ujar Jokowi dalam video yang ditayangan Channel Sekretariat Presiden, Selasa (2/8/2021).

Karena itu, Jokowi pun mendorong seluruh pihak terkait untuk terus menyalurkan bansos Covid-19 dengan tepat sasaran agar masyarakat yang terdampak pandemi bisa terbantu.

Jokowi menegaskan bahwa tiap kebijakan yang menyangkut penanganan pandemi Covid-19, harus dilakukan secara dinamis. Sebab, pilihan masyarakat dan pemerintah tentunya sama, yakni demi keselamatan jiwa dan ekonomi masyarakat yang sebagian kehilangan mata pencaharian akibat pandemi.

"Gas dan rem harus dilakukan secara dinamis di hari-hari terakhir penerapan kebijakan. Kita tidak bisa melakukan kebijakan yang sama dalam durasi yang panjang," ujarnya.

Baca Juga : Breaking News: Jokowi Perpanjang PPKM Level 4 hingga 9 Agustus 2021

Dalam situasi apapun, kata Jokowi, kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan adalah kunci bagi kesehatan dan mata pencaharian masyarakat.

"Kebijakan kita dalam penanganan pandemi Covid-19 akan bertumpu pada 3 pilar, pertama percepatan vaksinasi, terutama wilayah pusat mobilitas kegiatan dan ekonomi, lalu penerapan 3 M yang masif, ketiga kegiatan testing, tracing dan traetmen, termasuk menyediakan obat dan oksigen," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini