Share

Dereten Hewan Terinfeksi Covid-19, dari Kucing hingga Gorila

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 03 Agustus 2021 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 337 2449676 dereten-hewan-terinfeksi-covid-19-dari-kucing-hingga-gorila-Rx7brmwQFz.jpg Harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan terinfeksi Covid-19. (Foto : Instagram/@aniesbaswedan)

JAKARTA - Dua harimau di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, yaitu Hari dan Tito terinfeksi virus corona (Covid-1)9. Kasus hewan yang terinfeksi Covid-19 ini bukanlah yang pertama kali. Sejumlah hewan di dunia dikabarkan terinfeksi Covid-19. Hewan apa saja yang terinfeksi Covid-19? Berikut Litbang MPI merangkumnya, Selasa (3/8/2021) : 

1. Gorila, Amerika Serikat

Delapan gorila di Kebun Binatang San Diego, California, Amerika Serikat (AS) terpapar Covid-19 pada Januari 2021. Gorila tersebut menunjukkan gejala seperti lesu, hidung tersumbat, dan batuk ringan. Terpaparnya gorila diyakini dari anggota staf kebun binatang yang tidak menunjukkan gejala.

2. Harimau, Amerika Serikat

Seekor harimau Kebun Binatang Bronx di New York City terinfeksi Covid-19. Harimau ini mengalami gejala batuk kering dan tidak nafsu makan. Pada 27 Maret 2020, gejala Covid-19 pada harimau muncul usai kontak langsung dengan pawangnya yang terinfeksi Covid-19 tanpa gejala.

3. Kucing, Belgia

Pada 27 Maret 2020, Fakultas Kedokteran Universitas Leigo melaporkan bahwa seekor kucing di Belgia terinfeksi positif Covid-19. Bukti positif dari kucing tersebut diambil dari sampel muntahan dan kotoran kucing. Kucing itu diketahui tinggal dengan seorang wanita yang terinfeksi Covid-19 setelah pulang dari Italia. Setelah menjalani 9 hari perawatan, kucing tersebut dinyatakan sembuh.

Baca Juga : 2 Harimau di Ragunan Terinfeksi Covid-19, Ini Penjelasan Pakar Kesehatan

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

4. Anjing, Hong Kong

Pada 26 Maret 2020, Angriculture, Fisheries and Conservation Department (AFCD) Hong Kong menemukan anjing jenis Pomeranian berusia 17 tahun yang positif Covid-19. Anjing tersebut tinggal bersama seorang wanita yang terlebih dahulu terinfeksi Covid-19.

5. Singa, India

Delapan singa di Taman Zoologi Nehru Hyderabad India dinyatakan positif Covid-19. Delapan singa tersebut terdiri dari empat betina dan empat jantan. Gejala yang dialami singa tersebut salah satunya adalah demam. Setelah menjalani perawatan selama 2 minggu, delapan singa itu sudah dinyatakan sembuh. (Diolah berbagai sumber/Tika Vidya Utami/Litbang MPI)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini