Kasus Covid-19 Luar Jawa Meningkat, Menkes: Kita Replikasi Pengalaman di Pulau Jawa

Dita Angga R, Sindonews · Senin 02 Agustus 2021 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 337 2449538 kasus-covid-19-luar-jawa-meningkat-menkes-kita-replikasi-pengalaman-di-pulau-jawa-GHJFBWCEm2.jpg Menkes Budi G Sadikin. (Foto: Ant)

JAKARTA - Meski di Pulau Jawa terjadi penurunan kasus covid-19 beberapa waktu terakhir tapi ada kenaikan di beberapa daerah. Utamanya di beberapa daerah di luar Jawa.

“Kita masih melihat beberapa daerah masih belum turun, dan ada kenaikan. Terutama untuk di daerah luar Jawa,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi persnya seusai rapat terbatas, Senin (2/8/2021).

 

Baca juga: Ibu Muda Tewas Ditabrak Moge Hingga Terpental di Bintaro, Ini Kronologinya


Baca juga: Menkes : Presiden Bersyukur Kasus Covid-19, tapi Tetap Harus Waspada

Dirinya mengatakan akan mereplikasi pengalamanan penanganan kasus covid-19 di Pulau Jawa untuk daerah luar Jawa yang mengalami kenaikan kasus.

“Tapi berdasarkan pengalaman di Jawa, kita akan segera replikasikan ke luar Jawa. Jadi bagaimana testingnya ditingkatkan, supaya cepat mengetahui siapa yang kena. Kalau ada yang kena kita tingkatkan juga tempat isolasi terpusatnya agar mereka bisa diisolasi dengan cepat, tidak menularkan ke keluarganya, kita konversikan kamar kamar RS menjadi kamar-kamar covid, agar kalau nanti masuk tempatnya cukup,” paparnya.

Budi juga memastikan akan dibentuk Satgas Oksigen seperti yang ada di Pulau Jawa. Dengan begitu provinsi di luar Jawa juga lebih siap mengidentifikasi jika ada rumah sakit yang kekurangan oksigen. Termasuk persoalan penyalurannya.

Baca juga: PPATK Luncurkan Platform Cegah Pendanaan Terorisme, Mahfud: Makin Persempit Ruang Pelaku


“Kita persiapkan juga obat-obatannya. Untuk teman-teman ketahui, kita obat-obatan itu sekarang kan kemarin naiknya cepat sekali sampai 12 kali lipat. Sehingga kita membutuhkan waktu untuk persiapan bahan baku dan proses produksinya. Sekarang juga sudah lebih siap. Insya Allah itu bisa mempersiapkan kasus-kasus yang di luar Jawa dengan mereplikasi mencontoh bagaimana kita menangani kasus ini di Jawa,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini