Soal Sumbangan Rp2 Triliun Keluarga Akidi Tio, Mahfud : Semoga Nyata

Riezky Maulana, iNews · Senin 02 Agustus 2021 09:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 337 2449426 soal-sumbangan-rp2-triliun-keluarga-akidi-tio-mahfud-semoga-nyata-rZnUn9I3C7.jpg Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto : Okezone.com/Dede Kurniawan)

JAKARTA - Indonesia digegerkan dengan tindakan yang dilakukan keluarga seorang pengusaha almarhum Akidi Tio. Keluarga itu menyumbang uang senilai Rp2 triliun untuk membantu penanggulangan Covid-19 di Sumatera Selatan (Sumsel).

Uang tersebut telah diserahkan di Mapolda Sumsel pekan lalu, tepatnya Senin (26/7/2021). Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pun buka suara.

Awal mula Mahfud menjelaskan saat dirinya menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), ada seseorang yang mengaku memiliki uang satu koper. Dari pengakuan orang itu, sambung Mahfud, uang satu koper tersebut merupakan mata uang luar negeri dengan pecahan 1.000 dollar Amerika.

"Waktu saya Menhan ada orang mengaku punya sekoper uang dollar Amerika yang nilai per lembarnya 1.000 dollar," tutur Mahfud melalui akun Twitter pribadinya, Senin (2/8/2021).

Selepa mendengar pengakuan itu, Mahfud langsung menanyakannya kepada Bank Indonesia (BI). Ternyata, dirinya ditertawai pihak BI lantaran Amerika Serikat hanya mencetak lembaran tertinggi sejumlah 100, bukan 1.000 dollar.

"Ketika saya tanya ke BI diketawain karena USA hanya mencetak lembaran uang paling tinggi 100 dollar," ujarnya.

Selain itu, tulis Mahfud, ia juga sempat diminta untuk menggali sebuah harta karun. Dia pun berharap, apa yang dilakukan keluarga Akidi Tio merupakan tindakan yang nyata.

Baca Juga : 45 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia pada Agustus 

"Ada juga yang minta dibantu menggali harta karun, tapi tak jelas. Semoga yang Akidi Tio ini nyata," tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini