Cerita-Cerita Haru Anak Isolasi Covid-19 Sendirian

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 02 Agustus 2021 06:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 337 2449343 cerita-cerita-haru-anak-isolasi-covid-19-sendirian-PmgzmLnd97.jpeg Ilustrasi. (Foto: News Medical)

JAKARTA – Berdasarkan data dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia per 1 Agustus 2021 mencapai 3.440.396 kasus. 

Virus yang menghantui sebagian besar masyarakat ini tidak hanya menyerang orang dewasa, tapi juga anak-anak. Hal itu membuat mereka terpaksa berpisah dengan orang tua untuk menjalankan isolasi. Berikut berbagai cerita haru anak yang harus menjalani isolasi sendiri: 

1. Kehilangan Ayah dan Ibu Meninggal karena Covid-19, Bocah 10 Tahun Isoman Sendirian

Seorang anak kelas 3 SD bernama Vino asal Kalimantan Timur menjalani isolasi mandiri sendirian di rumahnya. Sebelumnya, sang ayah dan ibunya yang sedang hamil 5 bulan meninggal dunia akibat terinfeksi Covid-19. 

Saat sedang isolasi mandiri, sang anak kabarnya tidak mengetahui kedua orang tuanya telah meninggal. Tetangga baru memberitahukan beberapa hari setelahnya. Pasca pemberitahuan, tetangga Vino melihat Vino menjadi anak pendiam dan sangat terpukul. Kini Vino hidup seorang diri dan mengandalkan pamannya, Mas Margono serta para tetangga.

2. Kisah Haru 3 Anak di Malang Jalani Isolasi Mandiri Tanpa Orangtua

Usai wafatnya sang ibu akibat terpapar virus Covid-19 dan sang ayah yang juga dirawat di rumah sakit, 3 bocah di Malang terpaksa menjalani isolasi mandiri di rumah tanpa kehadiran orang tuanya. 

Anak pertama merupakan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang kini sedang duduk di bangku kelas 2 SMA, sementara anak kedua (12) di kelas 2 SMP, dan yang terakhir kelas 5 SD.

Virus Covid-19 yang mengusik keluarga ini berawal dari terpaparnya sang ayah yang langsung dilarikan ke RSUD Kota Malang sebab memiliki penyakit komorbid jantung.. Saat ini jaminan kelangsungan hidup ketiga anak didukung RT bersama para tetangga.

3. Ayah Meninggal Dunia dan Ibu Diisolasi, 3 Anak di Jakarta Pusat Jalani Isoman Sendiri

Kakak beradik di Sawah Besar, Jakarta Pusat harus menjalani isolasi mandiri di rumah, sebab sang ayah meninggal dunia berstatus positif Covid-19 dan juga sang ibu yang harus dirawat di RS Darurat Wisma Atlet. Diketahui ketiga anak tersebut kini mendapatkan pengawasan dari pihak Puskesmas serta dibantu oleh warga sekitar dan RT setempat.

(Diolah dari berbagai sumber oleh Amira Karin Khairana/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini