Cerita Kerajaan Majapahit: Kalung Anjing pun dari Emas

Tim Okezone, Okezone · Minggu 01 Agustus 2021 06:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 01 337 2449076 cerita-kerajaan-majapahit-kalung-anjing-pun-dari-emas-Q6icjfLARO.jpeg Candi Arimbi di Jombang, peninggalan Kerajaan Majapahit. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Sebagai sebuah kerajaan besar, Majapahit disebut-sebut sangat intim dengan emas. Emas ini dikabarkan menjadi hal yang sangat biasa untuk sang raja. 

Seorang pelaut berkebangsaan Portugis bernama Tome Pires melaporkan bahwa pada tahun 1515 ”orang Jawa itu sangat kaya raya, begitu makmurnya sampai-sampai kalung anjing pun dibuat dari emas”.

Berita-berita China yang menyebutkan bahwa raja Jawa sangat kaya. Raja memakai pakaian yang ditenun dengan benang emas, perhiasan emas, dan senjata pedang pendek berhulu emas.

Di dalam berita itu disebutkan bahwa utusan Majapahit mendatangi China membawa “upeti maaf” senilai 60.000 tail emas. 

Seperti yang diuraikan dalam beberapa pupuh dari kitab Nagarakertagama bahwa iring-iringan raja Majapahit menggunakan kereta yang berhiaskan emas.

Baca juga: Kisah Cinta Damarwulan dan Kencono Wungu, Syaratnya Bawa Kepala Minak Jinggo

Juga ada sebuah legenda yang diyakini oleh masyarakat setempat bahwa raja-raja Majapahit sering mengadakan perjamuan untuk tamu di tepi kolam Segaran.

Konon peralatan pesta terbuat dari emas yang dihiasi dengan permata yang sangat indah (Badil 2009). Peralatan-peralatan tersebut setelah dipakai dibuang ke kolam Segaran.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini