TNI AU Siap Berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Penuhi Target Vaksinasi Covid-19

Antara, · Minggu 01 Agustus 2021 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 01 337 2449056 tni-au-siap-berkolaborasi-dengan-pemerintah-daerah-penuhi-target-vaksinasi-covid-19-fZesVMffzX.jpeg Vaksinasi di PPI Curug. (Foto: Dok Dinas Penerangan TNI AU/Antara)

JAKARTA - Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyatakan, TNI Angkatan Udara siap terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan instansi lain demi membantu Pemerintah memenuhi target vaksinasi Covid-19.

Hal itu disampaikan Kasau saat meninjau vaksinasi bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di PPI Curug, Tangerang, Banten, Sabtu (31/7/2021). Kasau menegaskan kolaborasi jadi salah satu cara mempercepat tercapainya target vaksinasi Covid-19 sehingga kekebalan kelompok dapat terbentuk. 

Baca juga: Pulau Jawa dan Bali Sumbang 57,10% Kasus Covid-19 di Indonesia

“Saya berharap pelaksanaan vaksinasi bagi warga masyarakat terus kita lanjutkan guna mendukung program pemerintah. TNI AU siap berkolaborasi dengan Kemenhub RI dan Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam menyukseskan program ini,” kata Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagaimana dikutip dari Dinas Penerangan TNI AU.

TNI AU, Kementerian Perhubungan RI, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dan puskesmas di daerah Curug, Legok, Banten, bekerja sama menyelenggarakan vaksinasi untuk warga berusia 12 tahun sampai 18 tahun di Unit Kesehatan Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI), Sabtu.

Dalam kegiatan itu, Kepala Staf TNI AU dan Menhub memeriksa pelaksanaan vaksinasi dan turut menyapa tenaga kesehatan dan peserta vaksinasi, yang sebagian besar adalah anak-anak. 

Baca juga: DKI Percepat Dosis Kedua Vaksin Covid-19 demi Ciptakan Herd Immunity

“Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh tenaga kesehatan yang telah bekerja dengan baik untuk melaksanakan serbuan vaksinasi massal ini,” kata Kasau. 

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut pelaksanaan vaksinasi di Unit Kesehatan PPI Curug berjalan lancar.

“Pelaksanaan vaksinasi hari ini dikhususkan untuk masyarakat dan anak-anak berusia 12-18 tahun di wilayah sekitar Kabupaten Tangerang. Alhamdulilah dapat berjalan dengan baik,” kata Menhub sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang sama.

Di samping pelajar berusia di atas 12 tahun, vaksinasi di PPI Curug juga menyasar para pekerja transportasi. Setidaknya, 4.000 dosis vaksin diharapkan dapat terdistribusi ke masyarakat pada kegiatan vaksinasi tersebut, yang berlangsung selama dua hari. 

Dalam kegiatan vaksinasi di PPI Curug, tenaga kesehatan yang terlibat sebagai vaksinator berasal dari TNI AU, Kemenhub, Dinkes Kabupaten Tangerang, dan puskesmas setempat. Kegiatan itu turut didukung oleh PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, dan AirNav Indonesia.

Tidak hanya meninjau pelaksanaan vaksinasi, Kasau dan Menhub turut memeriksa kesiapan lokasi isolasi terpusat di PPI Curug serta mengawasi langsung pembagian ratusan paket sembako untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini