Joe Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam 10 Tahun Lagi, Pemerintah Diminta Jangan Reaktif

Carlos Roy Fajarta, · Sabtu 31 Juli 2021 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 31 337 2448972 joe-biden-sebut-jakarta-akan-tenggelam-10-tahun-lagi-pemerintah-diminta-jangan-reaktif-qYJKqKCgiI.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera meminta pemerintah untuk tidak terlalu reaktif terkait pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden terkait Jakarta diprediksi akan tenggelam 10 tahun lagi.

"Pertama kalem aja. Masukan pihak luar mesti dilihat konteksnya Bisa diterima dan bisa dikaji. Kita lakukan dengan dasar kepentingan nasional," ujar Mardani Ali Sera, Sabtu (31/7/2021) ketika dikonfirmasi.

BACA JUGA: Joe Biden Sebut Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi Saat Pidato tentang Perubahan Iklim 

Ia menyebutkan perihal prediksi Jakarta tenggelam dan perpindahan ibu kota harus disesuaikan dengan kebutuhan prioritas pemerintah saat ini.

"Kedua, nggak usah reaktif. Kita ucapkan terimakasih atas masukannya. Tapi kita putuskan sesuai dengan data, fakta, analisa dan kepentingan nasional kita. Ketiga, fokus pada pandemi yang di depan mata," jelas Mardani Ali Sera.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang mengatakan bahwa pemerintah sejauh ini belum mendengar laporan terkait proyeksi Jakarta akan tenggelam.

"Lebih baik dan lebih cerdas Mr Biden mengurus negara yang dia pimpin. Komisi II sebagai mitra pemerintah tidak pernah mendengar dari Mendagri dan lain-lain tentang proyeksi 'Jakarta tenggelam'," kata Junimart Girsang.

BACA JUGA: Bicara Perubahan Iklim, Biden Singgung RI Pindah Ibukota karena Diproyeksikan Akan Tenggelam

Sebagaimana diketahui, Presiden AS Joe Biden menyebutkan Jakarta sebagai ibu kota Indonesia terancam tenggelam dalam 10 tahun mendatang.

Pernyataan itu disampaikan Biden saat berbicara tentang perubahan iklim di kantor Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat pada Selasa (27/7/2021) lalu.

“Apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?,” kata Joe Biden dikutip dari whitehouse.gov.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini