Pengamat Sosial Sebut Keberhasilan Penanganan Pandemi Meliputi Banyak Aspek

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 31 Juli 2021 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 31 337 2448758 pengamat-sosial-sebut-keberhasilan-penanganan-pandemi-meliputi-banyak-aspek-bKCeAAVlDr.jpg Ilustrasi (Dok Okezone)

JAKARTA - Keberhasilan untuk mengendalikan pandemi virus corona (Covid-19) saat ini terdiri atas banyak aspel. Tak hanya perlunya disiplin masyarakat dalam menaati protokol kesehatan yang merupakan hal wajib.

Demikian disampaikan pengamat sosial, Yosafat Hermawan Trinugroho.

"Keberhasilan pengendalaian pandemi saat ini meliputi banyak aspek. Bukan saja perlunya disiplin masyarakat menaati protokol pesehatan yang menjadi hal mutlak," katanya, Sabtu (31/7/2021).

Ia mengatakan tidak dapat menggeneralisasi masyarakat Itu karena, kata dia, harus diakui masyarakatlah sangat beragam, baik secara ekonomi, keadaan geografis, maupun kultur.

"Masyarakat kelas bawah, secara ekonomi misalnya, selain perlu edukasi terus-menerus tentang prokes, juga perlu difasilitasi untuk beberapa aspek," kata dosen Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tersebut.

Baca Juga : BOR RS di Jabar Turun, Ridwan Kamil Usul Pengetatan Mikro ke Pemerintah Pusat

Yosafat mencontohkan, aspek itu misalnya memastikan ketersediaan masker yang layak, ketersediaan fasilitas air bersih yang cukup. "Tentu saja bantuan ekonomi ketika mereka tak bisa bekerja karena penerapan PPKM," tuturnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini