Cerita Majapahit: Pakaian Raja hingga Senjata Terbuat dari Emas

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 31 Juli 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 337 2448668 cerita-majapahit-pakaian-raja-hingga-senjata-terbuat-dari-emas-j7XTfiLknS.jpg Raja Majapahit pertama, Raden Wijaya (foto: ist)

JAKARTA - Majapahit merupakan kerajaan besar yang pernah ada di Tanah Air. Tentu saja, rajanya disebut-sebut sangat kaya.

Ada berita-berita Cina yang menyebutkan bahwa raja Jawa sangat kaya. Raja memakai pakaian yang ditenun dengan benang emas, perhiasan emas, dan senjata pedang pendek berhulu emas.

Baca juga:  Kisah Cinta Raden Wijaya dengan 4 Putri Kertanegara dan Dara Petak

Di dalam berita Cina juga disebutkan bahwa utusan Majapahit mendatangi China membawa “upeti maaf” senilai 60.000 tail emas. Demikian diungkap buku "Majapahit, Batas Kota dan Jejak Kejayaan di Luar Kota", Penerbit Kepel Press, 2014.

Baca juga:  Keraton Majapahit di Desa Kedaton atau Sentonorejo Trowulan?

Sementara itu seorang pelaut berkebangsaan Portugis bernama Tome Pires melaporkan bahwa pada tahun 1515 ”orang Jawa itu sangat kaya raya begitu makmurnya sampai-sampai kalung anjing pun dibuat dari emas”.

Keyakinan masyarakat, sebuah kerajaan yang besar tentunya mewariskan banyak benda kerajinan dari emas. Kisah inilah membuat situs sejarah Kerajaan Majapahit memang sudah tidak utuh alias sudah mengalami kerusakan.

Salah satu pemicunya adalah aksi liar para pencari emas. Banyak lubang yang dibuat para penggali liar merusak situs Majapahit.

(rhs)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini