Jokowi: WHO Belum Bisa Prediksi Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 30 Juli 2021 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 337 2448412 jokowi-who-belum-bisa-prediksi-kapan-pandemi-covid-19-berakhir-MzincEBsOC.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Badan Kesehatan Dunia atau WHO belum mengetahui kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Menurut Kepala Negara yang terpenting saat ini adalah terus menyeimbangkan gas dan rem terkait pemulihan kesehatan dan ekonomi.

"Saya ngomong apa adanya bukan menakut-nakuti tapi kasus virus corona ini akan selesai kapan? WHO pun juga belum bisa memprediksi," kata Jokowi saat menyerahkan Banpres Produktif di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/7/2021).

"Sehingga sekali lagi kita ini selalu yang kita jalankan adalah sisi kesehatannya bisa kita tangani tapi sisi ekonominya juga pelan-pelan harus dijalankan," tuturnya.

 Baca Juga: Jokowi Sebut Covid-19 Varian Delta Mengguncang Ekonomi Global Termasuk Indonesia

Jokowi berujar Indonesia tidak bisa menutup total alias lockdown seperti negara lainnya. Pasalnya, kebijakan itu belum bisa menjamin akan memperbaiki keadaan yang ada sekarang. Karena itu, kebijakan PPKM Darurat atau semi lockdown adalah pilihan realistis yang bisa diambil saat ini.

Jokowi mengatakan, kenaikan pesat kasus Covid telah mengguncang struktur perekonomian nasional dan global. Karenanya, Kepala Negara berpesan kepada pengusaha cilik agar tetap bertahan dan tahan banting.

Banpres produktif yang sedang disalurkan diharapkan menjadi pendorong bagi pengusaha cilik untuk bangkit dan memapankan kembali perekonomiannya. "Bapak ibu semuanya harus bekerja lebih keras lagi, tahan banting," pungkas Jokowi.

Baca Juga: LaporCovid-19 Catat 50 Nakes Gugur dalam Sepekan Terakhir

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini