Jokowi Sebut Covid-19 Varian Delta Mengguncang Ekonomi Global Termasuk Indonesia

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 30 Juli 2021 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 337 2448394 jokowi-sebut-covid-19-varian-delta-mengguncang-ekonomi-global-termasuk-indonesia-a35ETFO9D5.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Covid-19 varian Delta telah mengguncang perekonomian seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Menurutnya, pada Januari hingga Mei 2021, kondisi Covid-19 sudah berangsur melandai. Akibatnya, perekonomian nasional perlahan mulai naik. Tapi kondisi itu berubah semenjak hadirnya varian Delta yang lebih infeksius. 

"Kalau corona turun ekonomi pasti naik, naik, naik, sudah kelihatan itu sebetulnya, tetapi tanpa terprediksi muncul yang namanya varian delta, varian baru, jenis baru dari corona muncul di India, kemudian muncul di seluruh negara di dunia, sehingga ekonomi global pun juga guncang," kata Jokowi saat membagikan Banpres Produktif di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/7/2021). 

Baca juga: Jokowi: Covid-19 di Jawa Melandai, Gantian Luar Jawa Naik karena Varian Delta

Jokowi mengungkapkan, ketika varian delta menyebar di Indonesia, angka kasus positif langsung naik secara drastis. Karena itu pemerintah memandang tidak ada jalan lain yang paling baik kecuali menerapkan PPKM Darurat. 

"Kita juga sama itu virus delta ini muncul juga langsung kasus positif menjadi naik secara drastis dan tidak ada jalan lain saat itu, karena di pulau Jawa dan pulau Bali kita lihat semua titik-titik semuanya merah. Tidak ada yang kuning sehingga keputusan yang sangat berat kita lakukan yaitu dengan PPKM Darurat," jelasnya. 

Baca juga: Video Call dengan Jokowi, Bocah yang Azan di Makam Ibunda Dapat Santunan Rp25 Juta

"Karena tidak ada cara yang lain selain itu (PPKM Darurat). Karena melompat kasusnya dan Alhamdulillah sekarang paling tidak bisa kita rem, meskipun turunnya pelan-pelan tapi bisa kita rem," pungkas Jokowi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini