Jokowi: Covid-19 di Jawa Melandai, Gantian Luar Jawa Naik karena Varian Delta

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 30 Juli 2021 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 337 2448345 jokowi-covid-19-di-jawa-melandai-gantian-luar-jawa-naik-karena-varian-delta-zbw90T13bF.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Youtube Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kasus Covid-19 di Pulau Jawa secara perlahan mulai melandai. Hal itu terlihat dari berkurangnya angka keterisian tempat tidur di rumah sakit, salah satunya di RSDC Wisma Atlet. 

Namun demikian, kata Jokowi, saat ini sejumlah wilayah di luar Pulau Jawa justru gantian naik laju penularan virus ini. Hal ini disebabkan oleh varian delta yang lebih infeksius.

Baca juga: Jokowi: Indonesia Alami Multibencana dalam Waktu Bersamaan

"Saya tadi pagi juga sudah ngecek di Wisma Atlet, misalnya yang dulu sudah hampir 90 persen, pagi tadi saya cek angka keterisian dari tempat tidur di angka 38 persen, dulunya 90 persen hampir penuh. Ini juga patut kita syukuri," kata Jokowi saat membagian Banpres Produktif di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/7/2021).

"Dan saya melihat angka-angka tadi di wilayah-wilayah di pulau Jawa mulai melandai turun pelan-pelan, tetapi yang di luar Jawa gantian naik. Inilah memang varian delta ini penularannya sangat cepat sekali," lanjutnya.

Baca juga: Jokowi Beri Bantuan Uang dan Sepeda untuk Vino Bocah Yatim Piatu

Jokowi memahami pengusaha menghadapi situasi yang tidak mudah. Karenanya Jokowi berharap bantuan yang diberikannya ini dapat membantu menstimulus usaha mereka.

Di sisi lain, Jokowi mengingatkan bahwa kondisi serba sulit ini tidak hanya dirasakan di Indonesia, tetapi juga di berbagai belahan dunia. Baik pengusaha kecil, sedang, ataupun besar, sama-sama mengalami hal tersebut. 

"Tidak yang hanya usaha kecil, tidak hanya yang usaha sedang, menengah juga usaha besar. Semuanya pada kondisi yang sangat-sangat tidak mudah, sangat sulit dan itu juga tidak hanya diraaskan oleh pengusaha di Indonesia saja tetapi di seluruh dunia, semuanya kondisinya sama," pungkas Jokowi. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini