Cerita Kerajaan Majapahit: Emas Dibuang-buang di Kolam hingga Kereta Emas

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 30 Juli 2021 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 337 2448148 cerita-kerajaan-majapahit-emas-dibuang-buang-di-kolam-hingga-kereta-emas-PlYO4pd6pc.jpg Kolam Segaran di Mojokerto (foto: instagram/@agustinusambar)

JAKARTA - Harta karun emas peninggalan Kerajaan Majapahit menjadi sumber malapetaka. Bagaimana tidak, situs-situs sejarah yang mengungkap kisah Majapahit sampai rusak.

Cerita-cerita tentang emas di Majapahit beredar dan berkembang di masyarakat. Salah satunya adalah tentang sebuah legenda yang diyakini oleh masyarakat setempat bahwa raja-raja Majapahit sering mengadakan perjamuan untuk tamu di tepi kolam Segaran.

Baca juga:  Kisah Perempuan Perkasa di Majapahit: Gayatri, Tribhuwana dan Suhita

Konon peralatan pesta terbuat dari emas yang dihiasi dengan permata yang sangat indah. Peralatan-peralatan tersebut setelah dipakai dibuang ke kolam Segaran. Demikian diungkap buku "Majapahit, Batas Kota dan Jejak Kejayaan di Luar Kota", Penerbit Kepel Press, 2014.

 Baca juga: Keraton Majapahit di Desa Kedaton atau Sentonorejo Trowulan?

Selain itu, seperti yang diuraikan dalam beberapa pupuh dari kitab Nagarakertagama bahwa iring-iringan raja Majapahit menggunakan kereta yang berhiaskan emas.

Keyakinan masyarakat, sebuah kerajaan yang besar tentunya mewariskan banyak benda kerajinan dari emas. Kisah inilah membuat situs sejarah Kerajaan Majapahit memang sudah tidak utuh alias sudah mengalami kerusakan.

Salah satu pemicunya adalah aksi liar para pencari emas. Banyak lubang yang dibuat para penggali liar merusak situs Majapahit. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini