Cerita Megawati Menginap 10 Hari di Kapal Perang Saat Tangani Bencana Alam

Felldy Utama, iNews · Kamis 29 Juli 2021 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 337 2448118 cerita-megawati-menginap-10-hari-di-kapal-perang-saat-tangani-bencana-alam-vlrOhtbxfa.jpg Presiden kelima Megawati Soekarnoputri (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menceritakan pengalamannya saat menangani bencana alam dengan terjun ke lapangan dan menginap hingag 10 hari di kapal perang.

Cerita itu dibagikan Megawati pada saat pembukaan rapat koordinasi pembangunan (Rakorbangnas) BMKG yang digelar secara virtual, Kamis (29/7/2021).

Dia mengisahkan bahwa momen tersebut terjadi semasa dia menjabat sebagai wakil presiden di era kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Saat itu, lanjut dia, dirinya diberi kepercayaan oleh Presiden Gus Dur untuk membentuk BMKG dan BNPB. Namun, sebagai orang nomor dua di negeri ini, Megawati juga harus terjun ke lapangan untuk melihat penanganan bencana alam.

Baca juga: Megawati "Sentil" Daerah yang Sangat Lambat Tangani Bencana

"Saya pada waktu itu boleh mengatakan diri saya, saya merasa sangat berterima kasih diberi penugasan, karena saya harus membentuk BMKG, BNPB tetapi di lain soal saya harus ke lapangan," kata Megawati dalam ceritanya.

Tak hanya terjun ke lapangan saja, Megawati menceritakan bahwa dirinya waktu itu sampai harus memutuskan untuk menetap sementara di lokasi bencana alam agar memastikan penanganan bencana bisa berjalan dengan lancar. Sampai-sampai, katanya, dia harus rela tidur di sebuah kapal perang.

Baca juga: Megawati Beri PR Anak Indonesia: Dari Manakah Asal Kodok dan Kupu-Kupu?

"Sampai mungkin sekarang kebanggan tersendiri bagi saya, saya mengingat di kapal perang, saya sendiri tadinya bingung seperti apa itu kapal perang kita. Itu hampir sampai 10 harian (menginap)," ujar Ketua Umum DPP PDI-Perjuangan itu.

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini